Fitriyani, Laili (2023) Analisis Dampak Game online Terhadap Perilaku Sosial Remaja (Studi Kasus Di Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. cover-kata pengantar.pdf Download (650kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (372kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (515kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (457kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (225kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (356kB) |
Abstract
Perkembangan industry 4.0 masukmya teknologi pada dunia tidak dapat dipungkiri karena terus berkembang setiap hari. Kemajuan teknologi menuntut digitalisasi dalam setiap aspek kehidupan termasuk dalam permainan atau yang sering kita sebut dengan Game online. Perubahan perilaku sosial dapat terjadi karena adanya pengaruh dari lingkungan sekitar seperti pengaruh dari bermain Game online. Game online memiliki daya tarik tersendiri terhadap penggunanya sehingga dapat membuat orang-orang yang memainkannya dapat kacanduan bermain Game online dan dapat mengakibatkan berbagai dampak atau pengaruh terhadap pemainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak Game online terhadap perubahan perilaku sosial remaja di Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, faktor yang mendorong remaja menjadi ketergantungan bermain Game online di Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus, dan hambatan serta solusi dalam mengatasi perilaku sosial yang kurang baik remaja di Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan penelitian kualitatif di Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Subyek penelitiannya yaitu kepala desa, orang tua serta remaja yang menjadi pecandu Game online di Des Getassrabi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data menggunakan empat langkah diantaranya tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada beberapa dampak yang timbul yang diakibatkan oleh kecanduan Game online. Diantarnya adalah kecanduan Game online membuat remaja lebih banyak menghabiskan waktu didepan smartphone sehingga menghambat interaksi sosial dengan teman-teman seusianya hingga menyebabkan perubahan perilaku pada temaja tersebut. 2) Banyaknya remaja yang kecanduan Game online ini disebabkan oleh berbagai faktor, beberapa faktor yang mempengaruhi adalah fasilitas. Selain itu lingkungan pertemanan atau yang sering disubut dengan teman sebaya. (3) Diantara kendala atau hambatan yang ditemui dalam upaya mengatasi perilaku sosial yang kurang baik dalam remaja yang pertama adalah lingkungan pergaulan remaja. Solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah dengan mengisi kekosongan waktu yang ada pada remaja dengan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membentuk karakter dan kepribadian remaja. Diantara yang dapat dilakukan adalah dengan gerakan mengaji bersama setelah maghrib.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Game online, Perilaku Sosial, Remaja | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2023 03:59 | ||||||
Last Modified: | 23 Oct 2023 03:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11387 |
Actions (login required)
View Item |