Penerapan Akad Online Dengan Sistem Pre Order (PO) Berantai Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Kahiyang Online Shop dan Eyka Online Shop)

Rochmawati, Endang (2023) Penerapan Akad Online Dengan Sistem Pre Order (PO) Berantai Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Kahiyang Online Shop dan Eyka Online Shop). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (519kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (439kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (689kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (977kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (572kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (864kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (536kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik dari jual beli online dengan sistem Pre Order pada Kahiyang online shop dan perspektif Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli online sistem Pre Order pada Kahiyang online shop. Pre Order dalam jual beli online disebut dengan jual beli sistem tunggu, disini Kahiyang Online Shop sebagai penjual yang memasarkan produk dari agen yaitu Eyka Online Shop. Setelah ada pemesan produk, selanjutnya Kahiyang akan membelikan produk tersebut pada Eyka Online Shop. Kemudian, langkah terakhir produk setelah tiba di Kahiyang Online Shop barulah di berikan pada konsumen. Disitulah terjadi proses Pre Order berantai dari Eyka Online Shop lalu Kahiyang Online Shop dan terakhir yaitu konsumen Kahiyang Online Shop. Penulis dalam membahas masalah ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif, Sedangkan objeknya adalah field research. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh dari lapangan secara langsung, dimana tempatnya adalah toko Online Kahiyang, sedangkan sumber sekundernya dari berbagai literatur yang memiliki relevansi terhadap penelitian. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Data tersebut kemudian akan dianalisis dengan reduksi data (memilah data), display (penyajian data) dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sistem Pre Order pada Kahiyang online shop dengan cara mengunggah postingan dan membuat history di sosial media. Adanya pemilik akun (kahiyang), penjual barang atau distributor (eyka olshop), dan konsumen. Pembeli yang ingin membeli barang dapat menghubungi akun Kahiyang melalui aplikasi. Untuk penyerahan barang bisa melalui sistem COD dan kirim paket melalui ekspedisi yang sudah ditawarkan. (2) akad dalam jual beli online sistem pre order menggunakan akad as-salam oleh “Kahiyang Online Shop” dan akad bai’ istishna oleh “Eyka Online Shop”. Pada Pasal 56 (KHES) mengatur tentang rukun bai’, dengan begitu transaksi pre order tersebut sudah memenuhi rukun dalam jual beli yang terdapat pada KHES, dan pada Pasal 76 (KHES) menjelaskan terkait syarat dari rukun tersebut. Sedangkan Pasal 91 sampai dengan Pasal 102 KHES menyebutkan adanya akibat jual beli tersebut, baik online maupun offline. Sebuah akad sah apabila rukun dan syaratnya terlaksana, jika salah satu syarat dan rukunnya tidak dapat terpenuhi maka bisa dikatakan akad tersebut bathil. Akad tersebut sah karena kedua pihak saling rela dengan suatu syarat pesanan konsumen harus sampai pada pembeli dengan keadaan tidak ada kecacatan serta kekeliruan. Pada dasarnya sifat jual beli yaitu adanya sifat kerelaan diantara keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNa'im, Abdul HarisUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pre Order, akad online, Kahiyang Online Shop
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:37
Last Modified: 25 Oct 2023 06:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11396

Actions (login required)

View Item View Item