Ula, Mifrokhul (2016) PELAKSANAAN KURIKULUM MUATAN LOKAL KEAISYIYAHAN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 12 KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
001. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
002. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
003. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
004. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
005. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
006. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
007. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
008. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
009. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Pelaksanaan kurikulum muatan lokal keaisyiyahan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Kudus. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum muatan lokal keaisyiyahan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field researh dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah (a) Sumber data primer meliputi kepala TK, guru kelas B1, guru kelas B2, (b) sumber data sekunder meliputi dokumen atau arsip seperti program tahunan (PROTA), program semester (PROMES), rencana kegiatan mingguan (RKM), dan rencana kegiatan harian (RKH). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan proses menganalisis data ada tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Kurikulum muatan lokal keaisyiyahan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Kudus di dalamnya terdapat struktur program pembelajaran yang mencakup bidang pengembangan pembentukan perilaku yaitu bidang keaisyiyahan yang dilaksanakan melalui kegiatan bermain, bertahap, berkesinambungan dan bersifat pembiasaan. Pelaksanaan kurikulum muatan lokal keaisyiyahan khususnya bidang keaisyiyahan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Kudus dilaksanakan setiap hari pada saat kegiatan awal pembelajaran yang berlangsung selama 30 menit disajikan dengan bidang pendidikan agama Islam (bidang Al Islam) sebagai satu kesatuan yang bulat dan tidak terpisah, dengan menggunakan berbagai model, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik dan kebutuhan siswa yang berbeda-beda, serta disesuaikan dengan situasi dan kondisi di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Kudus. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat pada pelaksanaan kurikulum muatan lokal keaisyiyahan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 12 Kudus, faktor pendukungnya yaitu faktor guru beserta jajarannya (kemampuan, kreativitas, ketekunan, kepribadian, dan profesionalisme guru), faktor siswa (motivasi, kreativitas, dan intelegensi siswa), faktor sarana prasarana yang memadai, faktor orang tua atau wali siswa (peranan orang tua), faktor masyarakat (dukungan masyarakat). Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, pertama adalah kemampuan siswa yang berbeda-beda, kondisi atau kesehatan siswa. Faktor penghambat kedua yaitu karena kesibukan orang tua dan kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Muatan Lokal; Keaisyiyahan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 04:55 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 04:55 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |