Peran Pembimbing Rohani Islam dalam Memberikan Motivasi Kesembuhan Pada Pasien Pasca Operasi di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus

Muqtava, Ulimul (2023) Peran Pembimbing Rohani Islam dalam Memberikan Motivasi Kesembuhan Pada Pasien Pasca Operasi di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (453kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (483kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (627kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (809kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (616kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (991kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (489kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembimbing rohani Islam dalam memberikan motivasi kesembuhan pada pasien pasca operasi, untuk mengetahui peran pembimbing rohani Islam, dan untuk mengetahui bagaimana hasil yang dicapai dari adanya pembimbing rohani Islam dalam memberikan motivasi kesembuhan pada pasien pasca operasi di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus. Pembimbing rohani berperan dalam proses penjagaan kesehatan rohani pasien salah satunya ialah pasien pasca operasi agar keadaan rohani pasien selalu dalam keadaan tenang, tabah, sabar, tidak putus asa, dan tetap bertawakkal kepada Allah SWT. Kondisi pasien yang kesehatan rohaninya tidak baik akan mengalami kegelisahan, ketakutan, kecemasan, dan tidak bisa berpikir positif. Oleh karena itu dibutuhkan bimbingan rohani Islam agar pasien tetap dalam keadaan baik, bisa berpikir positif, mendekatkan diri kepada Allah meskipun dalam keadaan sakit, dan pasien menjadi termotivasi untuk segera sembuh dari penyakit yang dideritanya. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan terjun langsung langsung ke lapangan yaitu melakukan penelitian di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1)Peran pembimbing rohani Islam ialah memberikan bimbingan kerohanian, motivasi kesembuhan untuk pasien pasca operasi, dan juga mendoakan agar keadaan pasien senantiasa dalam keadaan tenang. 2)Proses pembimbing rohani ialah tahap awal menyapa pasien, tahap kedua pembimbing memperkenalkan diri, dan pada tahap ketiga pembimbing memberikan masukan dan bimbingan kepada pasien pasca operasi. 3) Dengan adanya proses dan peran pembimbing rohani dapat menumbuhkan kondisi spiritual dan psikis pasien agar menjadi lebih baik serta menjadikan kondisi rohani pasien menjadi lebih tenang, sabar dan tidak cemas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIstianah, IstianahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Motivasi Kesembuhan, Pasien Pasca Operasi
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:03
Last Modified: 26 Oct 2023 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11409

Actions (login required)

View Item View Item