Strategi Lembaga Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Kegiatan Wedangan di Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus

Muti’ah, Dewi (2023) Strategi Lembaga Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Kegiatan Wedangan di Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (659kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (926kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)

Abstract

Kesejahteraan masyarakat merupakan kondisi dimana masyarakat berada pada tahap sejahtera, baik dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan bahkan keamanan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu keamanan, oleh karena itu Lembaga Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Wates berinovasi untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Masyarakat (Linmas) tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dari segi ekonomi maupun keamanan. Kegiatan yang dilakukan tersebut yaitu bernama wedangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (fieldresearch) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan cara peneliti mempelajari secara intensif keadaan latar belakang yang terdapat pada lokasi penelitian yaitu Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan cara metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan wedangan di Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yaitu strategi yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Masyarakat (Linmas) dengan cara: Menciptakan iklim atau suasana, memperkuat daya dan melindungi. Adapun peran yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Masyarakat (Linmas) yaitu peran fasilitator, peran melatih, peran sosialisasi serta peran mengembangkan inovasi. Dari adanya strategi serta peran yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam kegiatan wedangan tersebut memberikan dampak yang cukup baik bagi masyarakat Desa Wates.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaifuddin, SaifuddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Masyarakat, Lembaga Perlindungan Masyarakat, Wedangan
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:33
Last Modified: 26 Oct 2023 07:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11414

Actions (login required)

View Item View Item