Pengembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Peran di POS PAUD Bintang Belia Desa Terangmas Undaan Kudus

Setiyani, Dwi Lidia (2023) Pengembangan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Peran di POS PAUD Bintang Belia Desa Terangmas Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (878kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (249kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (857kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan bahasa anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan bermain peran di POS PAUD Bintang Belia Desa Terangmas Undaan Kudus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pengembangan bahasa pada anak usia 3-4 tahun itu sangat penting. Pengenalan dan penerapan kegiatan bermain peran harus dikenalkan sejak dini, karena pada usia tersebut merupakan masa emas yang sangat kuat untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan pada anak sejak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik anak usia 3-4 tahun POS PAUD Bintang Belia yang berjumlah 21 anak. Sedangkan sumber data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, guru kelompok, dan juga orang tua dari peserta didik. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data, merangkum data, dengan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan kegiatan bermain peran ini dikatakan mampu sebagai model pembelajaran sebagai sarana pengembangaan bahasa anak usia 3-4 tahun. Karena dari kegiatan bermain peran sebagai pedagang dan dokter membebaskan peserta didik untuk bermain dan mengeksplorasi lingkungan dengan leluasa. Dari hasil kegiatan bermain peran pengembangan bahasa anak usia 3-4 tahun yang dapat diperoleh yaitu pada saat anak berantusias, mampu berkomunikasi dengan baik, mengetahui nominal uang, meningkatkan kemampuan keaksaraan anak, mampu menyebutkan benda-benda di sekitar, dan mampu mengetahui dan membedakan nama barang jualan. Faktor pendukung dalam pengembangan bahasa anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan bermain peran ini yaitu fasilitas sekolah yang memadai, diri anak sendiri, dan antusias serta kerja sama antara orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari diri anak sendiri serta penanganan guru pada peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahasa, Bermain Peran
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:01
Last Modified: 02 Nov 2023 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item