Implementasi Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Problematika Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren An-Nur Jekulo Kudus

Rohimah, Kholifatur (2023) Implementasi Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Problematika Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren An-Nur Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (537kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (417kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi bimbingan kelompok untuk mengatasi problematika santri dalam menghafal Al-Qur’an dapat dilihat dari proses penelitian yang dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi problematika santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren An-Nur Jekulo Kudus. Adapun metode yang digunakan adalah metode bimbingan kelompok yang mana dalam penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Selama proses penelitian yang dilaksanakan di Pondok Pesantren dapat diperoleh data-data mengenai proses pelaksanaan bimbingan kelompok yang ada di lokasi tersebut. Yang mana dalam proses pelaksanaannya pengasuh memberikan arahan kepada para santri khususnya para santri penghafal Al-Qur’an untuk mengikuti bimbingan kelompok tersebut. Adapun teknik yang digunkan pengasuh dalam proses pelaksanaan bimbingan kelompok diantaranya teknik forming, storming, norming, performning, dan adjourning. Teknik lain yang digunakan pengasuh ialah dengan pemberian ceramah dan motivasi setiap dua minggu sekali guna menumbuhkan rasa semangat dari dalam diri santri. Berdasarkan proses yang dilaksanakan terdapat hasil yang diperoleh selama proses bimbingan konseling di Pondok Pesantren An-Nur Jekulo Kudus. Hasil yang diperoleh ialah para santri penghafal merasa terbantu dengan adanya proses bimbingan kelompok tersebut. Yang mana para santri merasa bahwa dengan adanya bimbingan kelompok tersebut membuat mereka merasa lebih dekat antara satu sama lain dan memudahkan mereka dalam mengalami problematika untuk mengatasinya. Pada intinya, problematika yang mereka hadapi merupakan salah satu ujian selama proses menghafal Al-Qur’an yang mana ujian tersebut merupakan langkah menuju keberhasilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIstianah, IstianahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, Menghafal Al-Qur’an, Pondok Pesantren An-Nur Jekulo Kudus
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:35
Last Modified: 02 Nov 2023 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11440

Actions (login required)

View Item View Item