Implementasi Layanan Home Visit Untuk Mengatasi Masalah Siswa di MTsN 4 Rembang

Najah, Syafiatun (2023) Implementasi Layanan Home Visit Untuk Mengatasi Masalah Siswa di MTsN 4 Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (465kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (346kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (495kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui masalah apa saja yang dialami siswa di MTsN 4 Rembang, mengetahui implementasi layanan home visit dalam membantu mengatasi siswa yang mengalami permasalahan, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat terlaksananya layanan home visit program bimbingan konseling di MTsN 4 Rembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu menggunakan penelitan langsung ke lapangan ,untuk mendapatkan data dan informasi serta untuk menguak kebenaran yang apa adanya dari suatu fenomena atau peristiwa yang pernah terjadi. Berdasarkan data yang telah di peroleh dan dianalisis terdapat tiga temuan diantaranya terdapat beragam masalah yang dihadapi oleh siswa yang ada di MTs N 4 Rembang yakni diantaranya membolos terdapat siswa yang tidak mengikuti kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung, lalu terdapat juga siswa yang membuat surat izin palsu untuk mengecoh guru agar dikira siswa tersebut telah diizinkan orang tuanya akan tetapi surat yang dibuat adalah surat izin palsu karena tulisan yang dibuat adalah tuslisan siswa itu sendiri, terdapat juga sebagian siswa yang sudah merokok biasanya hal tersebut dipengaruhi oleh pergaulan mereka, berkelahi dengan sesama teman hal tersebut dikarenakan awalnya hanya sedang bercanda akan tetapi ada siswa yang mersa terganggu kemudian terjadilah pertengkaran dan lain sebagainya, kemudian bentuk implementasi dari home visit yang ada di MTsN 4, ialah guru BK mengidentifikasi dan menggolongkan jenis permasalahan yang di alami siswa, kemudian merancang dan merencanakan program layanan home visit yang kasusnya harus segera ditangani, dan kemudian melaksanakan layanan home visit dengan cara sepontan, dan tanpa adanya pemberitahuan kepada siswa ataupun keluaraganaya ,setelah itu guru BK akan memebuat komitmen bersama ortang tua siswa agar dapat turut andil dalam pengentasan masalah yang ada, setelah melakukan pelaksannan guru BK akan melakukan evaluasi dari hasil informasi yang didapat dalam kegiatan layanan home visist, setelah itu akan dianalisis hasil evaluasinya, setelah itu ialah tindak lanjut apakah perlu adanya tindak lanjut apa tidak, dan selanjutnya ialah melaporkan hasil tersebut dalam bentuk laporan semester kepada kepala sekolah. Dalam pelaksananan kegiatan home visit terdapat faktor yang mendukung pelaksannan layanan home visit yang dapat membantu guru BK untuk melaksanakan kegiatan home viisit berjalan seperti apa yang diharapkan seperti, orangtua dan siswa yang bisa diajak kerja sama dan bersedia untuk memberikan keterangan yang sebenarnya, akan tetapi terdapat juga faktor yang menjadi kendala guru BK dalam melaksanakan layanan home visit diantaranya orangtua yang tidak bisa ditemui ,kondisi geografis, dan faktor cuaca, yang sering menjadi penyebab terhambatnya lanyanan home visit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlyani, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Home visit, Masalah Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2023 05:03
Last Modified: 03 Nov 2023 05:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11457

Actions (login required)

View Item View Item