Analisis Strategi Pemasaran dan Kendala Pemasaran Produk Arrum Haji Dalam Peningkatan Jumalah Nasabah (Studi Kasus Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul dan Pegadaian Syariah Unit Ronggolawe)

Septiyani, Devi (2023) Analisis Strategi Pemasaran dan Kendala Pemasaran Produk Arrum Haji Dalam Peningkatan Jumalah Nasabah (Studi Kasus Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul dan Pegadaian Syariah Unit Ronggolawe). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (858kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (790kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (553kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (368kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB)

Abstract

Produk Arrum Haji adalah produk baru yang ada di pegadaian syariah dengan sistem talangan haji. Produk ini memudahkan masyarakat untuk menunaikan ibdah haji hanya dengan persyaratan jaminan yang sudah di tentukan oleh pegadaian syariah. Jika dibandingkan dengan produk lain yang ada di Pegadaian Syariah Karisidenan Pati produk Arrum Haji adalah produk yang memilki jumlah nasabah paling rendah. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang strategi dan kendala yang di terapkan pegadaian syariah dalam pemasaran produk Arrum Haji. Penelitian yang di angkat dari penelitian ini adalah (1) Apa strategi yang di terapkan lembaga Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul dan Pegadaian Syariah Ronggolawe Kudus pada Produk Arrum Haji; (2) Apa kendala yang di hadapi dalam pemasaran produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul dan Pegadaian Syariah Ronggolawe Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dilanjut dengan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan dalam memasarkan produk Arrum Haji di Cabang Pegadaian Syariah (CPS) Pasar Ngabul dan Unit Pegadaian Syariah (UPS) Ronggolawe Kudus adalah menggunakan strategi pemasaran Product, Price, Place, Promotion. Selain itu CPS Pasar Ngabul juga menggunakan strategi pemasaran canvasing, cross selling dan literasi. Untuk UPS Ronggolawe Kudus hanya menggunakan strategi canvasing saja, tetapi jumlah nasabah pada pegadaian syariah untuk produk Arrum Haji masih tergolong sangat rendah dibandingkan dengan produk lain yang ada di pegadaian syariah, hal itu dapat dilihat dari kendala dalam pemasaran produk Arrum Haji yaitu, kurangnya pegawai marketing khusus produk Arrum Haji, banyaknya pesaing produk lain yang ada di lembaga keuangan lainnya, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang produk Arrum Haji yang ada di pegadaian syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHabibah, MuzayyidatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Kendala Pemasaran, Arrum Haji
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2023 05:09
Last Modified: 03 Nov 2023 05:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11458

Actions (login required)

View Item View Item