Pengembangan Media Loose Parts PomPom Pipa Berhitung untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik di RA NU Al-Falah Tanjungrejo

Nihayah, Nur Ainun (2023) Pengembangan Media Loose Parts PomPom Pipa Berhitung untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik di RA NU Al-Falah Tanjungrejo. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (644kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (850kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (700kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (349kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat penemuan masalah dari hasil analisis awal dan analisis kebutuhan yaitu berupa materi pembelajaran pengenalan konsep pengenalan bilangan (berpikir simbolik) yang kompleks, sehingga anak membutuhkan media pembelajaran untuk mempermudah memahami materi tersebut. Terbatasnya penggunaan media pembelajran sehingga pembelajaran terpusat pada Lembar Kerja Anak (LKA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran yang inovatif berupa media loose parts Pom-pom Pipa Berhitung (POMPITUNG), untuk mengetahui kelayakan media loose parts Pom-pom Pipa Berhitung (POMPITUNG) dan untuk seberapa efektivitas media loose parts Pom-pom Pipa Berhitung (POMPITUNG) saat diterapkan di RA NU Al-Falah. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode R&D (Reseach and Development) dengan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam peneitian ini yaitu peseta didik kelompok B RA NU Al-Falah usia 5-6 tahun. tahap Analyze (analisis) yaitu dengan melihat melihat karakteristik anak dan kebutuhan yang ada dilapangan, tahap Design (desain) yaitu merancang media pembelajaran yang tepat sesuai dengan karateristik anak usia 5-6 tahun, tahap Development (Pengembangan) yaitu pengembangan dari desain yang telah dirancang dan validasi dari ahli media dan ahli pembelajaran, tahap Implementation (Implementasi) taitu tahap penerapan media yang dilakukan di RA Alfalah dengan dua uji coba yaitu uji coba terbatas dan uji coba skala besar, terakhir yaitu tahap Evaluation (Evaluasi) yang dilakukan oleh dosen pembimbing, ahli pembelajaran, validator terkait kelayakan media dan kesesuaian media dengan perkembangan berpikir simbolik anak. Penelitian ini telah dilakukan validasi penilaian kelayakan media dan dilakukan uji coba pada peserta didik. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh 5 ahli pembelajaran mendapat hasil 76,2% dengan kriteria layak digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba produk dilakukan dua kali uji, yaitu uji coba terbatas pada 16 peserta didik dan uji coba skala besar pada 40 peserta didik. Pada uji coba terbatas, didapatkan hasil bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,028 dan pada uji coba skala besar didapatkan nilai (2-tailed) sebesar 0,039 yang artinya nilai tersebut < 0,05 maka berdasarkan ketentuan dalam pengambilan kesimpulan menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang lebih baik antara sebelum diberi perlakuan penerapan media dan setelah diberi perlakuan penerapan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDzofir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Loose Parts, Berpikir Simbolik, Anak Usia din
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:06
Last Modified: 07 Nov 2023 01:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11479

Actions (login required)

View Item View Item