Anggraini, Yuni (2023) Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pengayoman Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Prasejahtera Di Demaan Kaligelis Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (256kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (318kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (192kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (356kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan kondisi karakter yang masih rendah dialami oleh anak-anak di bantaran Kaligelis yang masih berada dilingkup Desa Demaan. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman memfokuskan pada anak-anak yang mengalami keterbatasan secara ekonomi dan sosial atau dapat dikatakan sebagai prasejahtera. Adapun tujuan dari penelitian adalah; 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman dalam pembentukan karakter pada anak prasejahtera di Demaan Kaligelis Kudus, 2) Untuk mengetahui wujud keberhasilan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman dalam pembentukan karakter pada anak prasejahtera di Demaan Kaligelis Kudus, 3) Untuk mengetahui kendala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman dalam pembentukan karakter pada anak prasejahtera di Demaan Kaligelis Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif yang berusaha menguak dan mendapatkan data relevan tentang peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman dalam pembentukan karakter anak prasejahtera. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui serangkaian observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian sesuai dengan prosedur pemilihan informan melalui purposive sampling diantaranya, pihak pengelola, ketua, dan pengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman. Selanjutnya pengujian keabsahan data digunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Sedangkan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis, hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman berperan dalam membantu memberi pembinaan dan pendampingan terhadap anak parasejahtera, serta memfasilitasi kebutuhan melalui program bimbingan belajar tanpa dipungut biaya yang dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan materi umum dengan nilai-nilai karakter didalamnya agar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Dampak yang dihasilkan dalam pembentukan karakter pada anak prasejahtera ditunjukkan oleh adanya peningkatan antara sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan bimbingan belajar yang menampakkan antusiasme dalam belajar dan memberi pengaruh positif terhadap perubahan karakter religius, nasionalisme, kemandiriandan integritas. 3) Kendala yang dihadapi oleh pengajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman berasal dari faktor lingkungan, anak prasejahtera, pengajar, dan fasilitas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman, Pembentukan Karakter, Anak Prasejahtera | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2023 01:19 | ||||||
Last Modified: | 09 Nov 2023 01:19 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11498 |
Actions (login required)
View Item |