Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pengayoman Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Prasejahtera Di Demaan Kaligelis Kudus

Anggraini, Yuni (2023) Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pengayoman Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Prasejahtera Di Demaan Kaligelis Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (318kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (356kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan kondisi karakter yang masih rendah dialami oleh anak-anak di bantaran Kaligelis yang masih berada dilingkup Desa Demaan. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman memfokuskan pada anak-anak yang mengalami keterbatasan secara ekonomi dan sosial atau dapat dikatakan sebagai prasejahtera. Adapun tujuan dari penelitian adalah; 1) Untuk mengetahui pelaksanaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman dalam pembentukan karakter pada anak prasejahtera di Demaan Kaligelis Kudus, 2) Untuk mengetahui wujud keberhasilan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman dalam pembentukan karakter pada anak prasejahtera di Demaan Kaligelis Kudus, 3) Untuk mengetahui kendala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman dalam pembentukan karakter pada anak prasejahtera di Demaan Kaligelis Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif yang berusaha menguak dan mendapatkan data relevan tentang peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman dalam pembentukan karakter anak prasejahtera. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui serangkaian observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian sesuai dengan prosedur pemilihan informan melalui purposive sampling diantaranya, pihak pengelola, ketua, dan pengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman. Selanjutnya pengujian keabsahan data digunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Sedangkan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis, hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman berperan dalam membantu memberi pembinaan dan pendampingan terhadap anak parasejahtera, serta memfasilitasi kebutuhan melalui program bimbingan belajar tanpa dipungut biaya yang dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan materi umum dengan nilai-nilai karakter didalamnya agar diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Dampak yang dihasilkan dalam pembentukan karakter pada anak prasejahtera ditunjukkan oleh adanya peningkatan antara sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan bimbingan belajar yang menampakkan antusiasme dalam belajar dan memberi pengaruh positif terhadap perubahan karakter religius, nasionalisme, kemandiriandan integritas. 3) Kendala yang dihadapi oleh pengajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman berasal dari faktor lingkungan, anak prasejahtera, pengajar, dan fasilitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyid, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pengayoman, Pembentukan Karakter, Anak Prasejahtera
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:19
Last Modified: 09 Nov 2023 01:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11498

Actions (login required)

View Item View Item