Koleksi Museum RA. Kartini Rembang Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Tingkat Sekolah Menengah Pertama

Maghfiroh, Lina (2023) Koleksi Museum RA. Kartini Rembang Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (420kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (438kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (597kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (456kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai hal sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui tentang sejarah berdirinya Museum RA. Kartini di Kabupaten Rembang. (2) Untuk mengetahui koleksi-koleksi yang dapat dijadikan sumber belajar IPS di tingkat Sekolah Menengah Pertama. (3) Untuk menjelaskan terkait koleksi Museum RA. Kartini Rembang yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPS di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang datanya diambil dari lapangan karena peneliti menggunakan penelitian di instansi pemerintah yaitu Museum RA. Kartini Rembang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi di lapangan, wawancara dengan pengelola harian (kurator), pengelola koleksi musem, dan edukator, juga dokumentasi berupa foto kegiatan wawancara dan dokumen lainnya seperti: sejarah, visi, misi, tujuan, dan struktur kepengurusan. Dalam hasil uji keabsahan data penelitian menggunakan proses triangulasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, display, verification, yaitu memilih data yang akan digunakan, kemudian dipaparkan dengan jelas dan dicari kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Sejarah berdirinya Museum RA. Kartini Rembang dapat digunakan sebagai sumber belajar pendidikan IPS dengan cara meningkatkan materi yang akan disampaikan dengan melihat langsung fenomena sejarah agar memudahkan pendidik untuk mencapai target pembelajaran. (2) Koleksi-koleksi dalam peninggalan sejarah di Museum RA. Kartini memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar dalam pendidikan IPS. Hal tersebut akan memudahkan peserta didik dalam memahami budaya di masa lampau, dengan memanfaatkan koleksi-koleksi museum untuk dapat dikaitkan dengan Kompetensi Dasar (KD) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat SMP/MTs/SMPLB. (3) Pemanfaatan koleksi-koleksi Museum RA. Kartini Rembang sebagai sumber belajar di dunia pendidikan, diterapkan dalam bentuk alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan kesadaran akan budaya daerah yang dimiliki terutama dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Rukhaini FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Museum, Sumber Belajar, Pendidikan IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:23
Last Modified: 09 Nov 2023 02:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11508

Actions (login required)

View Item View Item