Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Transaksi Jual Beli Sampah (Studi Kasus di Bank Sampah Desa Janggalan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus)

Faradisa, Jihan Yusrina (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Transaksi Jual Beli Sampah (Studi Kasus di Bank Sampah Desa Janggalan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (685kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (931kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (500kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (900kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan muamalah semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Pada masa sekarang objek jual beli mengalami perkembangan, contohnya sampah organik sebagaimana yang terjadi didesa Janggalan. Jual beli ini dikelola oleh bank sampah, sampah selama ini dipandang sebagai barang yang tidak berguna sehingga harus dibuang ke tempat sampah. Kenyataannya tidak semua sampah yang dibuang tergolong tidak mempunyai nilai guna lagi, padahal masih memiliki karakteristik yang masih dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengetahui latar belakang sampah diperjualbelikan melalui bank sampah, serta pelaksanaan transaksi jual beli sampah pada bank sampah dan pandangan hukum Islam terhadap transaksi jual beli pada bank sampah di desa Janggalan Kecamatan Kota kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan yang sesuai dengan objek yang diteliti. Sedangkan data sekunder, peneliti memperoleh dari buku, jurnal, artikel dan teori-teori terkait hukum Islam. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan latar belakang sampah diperjualbelikan pada bank sampah dengan tujuan mengedukasi masyarakat tentang nilai ekonomi akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah efektif. Dengan pelaksanaan transaksi jual beli ini sesuai dengan sistem transaksi yang melibatkan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Dalam pandangan hukum Islam jual beli ini telah memenuhi syarat dan rukun jual beli tanpa adanya pihak yang merasa dirugikan, selain itu menggunakan akad wadiah dalam menyimpan uang dari hasil transaksi melalui bank sampah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmayawati, AnyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sampah, Bank Sampah, Hukum Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 340 Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:46
Last Modified: 09 Nov 2023 07:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11518

Actions (login required)

View Item View Item