Pengaruh Outdoor Learning Pada Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Litrasi Sains Materi Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan

Lutfian, Nurlaila Ulya (2023) Pengaruh Outdoor Learning Pada Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Litrasi Sains Materi Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (968kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan kemampuan yang diperlukan pada abad ke-21 yaitu kemampuan literasi sains. Peningkatan kemampuan literasi sains siswa harus diikuti dengan penggunaan metode dan model pembelajaran yang bermuatan literasi sains pada langkah pembelajarannya. Pembelajaran di SMP Negeri 1 Sale masih berpusat pada guru dan penggunaan lingkungannya masih minim serta pembelajarannya yang monoton menjadikan siswa mudah bosan dan jenuh didalam kelas, sehingga kemampuan literasi sains siswa belum dikembangkan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Outdoor Learning pada model Discovery Learning terhadap kemampuan litrasi sains dan persentasenya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasiexperimental yang menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Desain penelitiannya yaitu nonequivalent control groupdesign yang melakukan pretest dan posttest pada masing – masing kelas eksperimen dan kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh berjumlah 52 siswa yaitu 26 siswa kelas eksperimen pada kelas IX E dan 26 siswa kelas kontrol pada kelas IX D. teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji kemamuan literasi sains. Hasil penelitian ini yaitu 1) terdapat pengaruh Outdoor Learning pada model Discovery Learning terhadap kemampuan litrasi sains materi tanah dan keberlangsungan kehidupan dibuktikan melalui uji regresi linear sederhana diperoleh bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai coefficient variabel X sebesar 0,668 bernilai positif (+), artinya terdapat pengaruh positif Outdoor Learning pada model Discovery Learning terhadap kemampuan litrasi sains materi tanah dan keberlangsungan kehidupan. 2) kelas eksperimen yang menggunakan metode Outdoor Learning pada model Discovery Learning mempunyai presentase pada kategori rendah 15,38%, sedang 69,23% dan tinggi 15,38%. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional mempunyai persentase pada kategori rendah 11,53%, sedang 69,23%, dan tinggi 19,23%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Outdoor Learning Pada Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Litrasi Sains cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa, meskipun persentase pada kategori tinggi lebih besar kelas kontrol tetapi jika dilihat dari hasil nilai tesnya lebih baik kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrasetyo, Dody RahayuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode outdoor learning, model discovery learning, lietarasi sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:17
Last Modified: 16 Nov 2023 01:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11550

Actions (login required)

View Item View Item