Mumtaza, Atina (2023) Pengembangan E-Modul Terintegrasi Islam Materi Sistem Pernapasan Sebagai Media Literasi Sains Siswa Kelas XI MA NU Nurul Huda. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (817kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (537kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (696kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (442kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (333kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan e-modul terintegrasi islam materi sistem pernapasan sebagai media literasi sains siswa. Untuk mengetahui kepraktisan e-modul terintegrasi islam materi sistem Pernapasan sebagai media literasi sains siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D), metode yang digunakan adalah 4-D direduksi menjadi 3-D dengan menghilangkan tahap disseminate (penyebaran) sehingga penelitian hanya dilakukan hingga tahap develop (pengembangan). Teknik sampling yang digunakan adalah Teknik Sampling Jenuh yang termasuk dalam kategori non probability sampling, informan yang dipilih peneliti adalah guru biologi dan siswa kelas XI IPA. Berdasarkan hasil observasi lapangan dalam penelitian ini di MA NU Nurul Huda penggunaan media pembelajaran belum maksimal. Pengembangan E-Modul terintegrasi islam berisi materi Sistem Pernapasan pada Pembelajaran Biologi Sebagai media literasi sains dalam pembelajaran. E-modul merupakan modul elektronik yang berisi materi, gambar, video, animasi, kuis, praktikum mandiri, yang menjadi media literasi sains siswa dan memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri. E-modul terintegrasi islam yang dikembangkan disusun menggunakan web Canva, kemudian file disimpan dalam bentuk PDF, setelah itu dilanjutkan pengeditan menggunakan aplikasi Heyzine Flipbook. Produk kemudian divalidasi oleh ahli materi, dan mendapat skor presentase sebesar “89%” dengan kategori “Sangat Valid”. Validasi oleh ahli media mendapat skor sebesar “85%” dengan kategori “Sangat Valid”. Setelah melakukan validasi dan revisi sesuai saran, produk diujicobakan kepada guru Biologi dan siswa kelas XI IPA. Skor dari penilaian guru mendapatkan skor sebesar “91%” dengan kategori “Sangat Valid”. Penilaian dari siswa mendapatkan skor sebesar “89%” dengan kategori “praktis”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi dan uji coba produk, E-modul terintegrasi islam yang dikembangkan peneliti layak digunakan di lapangan dalam aspek kelayakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | E-modul, terintegrasi islam, Sistem Pernapasan, Penelitian dan Pengembangan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:41 | ||||||
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:41 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11580 |
Actions (login required)
View Item |