Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran SKI DI MA Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023

Yelviana, Nabila Laili (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran SKI DI MA Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (571kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (534kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (629kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran SKI di MA Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen menggunakan desain pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Dalam desain ini menggunakan satu kelompok yang dijadikan subyek penelitian dengan melakukan dua kali tes, yaitu tes sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran SKI di MA Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023. Hal ini berdasarkan pada uji paired sample t-test diketahui bahwa nilai Sig(2-tailed) adalah 0,000 maka diperoleh kriteria bahwa 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan, berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi liner sederhana diketahui bahwa nilai taraf signifikansi 0,002 < 0,05 jadi disimpulkan bahwa model regresi signifikan dan memenuhi kriteria dan diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,683 artinya koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif (searah/linier). Dari uji regresi linier sederhana ini juga diketahui bahwa adanya pengaruh variabel bebas (model pembelajaran talking stick berbantuan crossword puzzle) dengan variabel terikat (hasil belajar) yaitu sebesar 26,3 %, dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi atau hubungan (r) yaitu sebesar 0,513 yang terletak pada interval 0,40 – 0,599 yang berarti tingkat hubungan antara model pembelajaran talking stick berbantuan crossword puzzle (X) dan hasil belajar (Y) adalah memiliki hubungan yang “sedang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Crossword Puzzle, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2023 01:38
Last Modified: 02 Dec 2023 01:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11606

Actions (login required)

View Item View Item