Implementasi Literasi Al-Qur’an Melalui Pembiasaan Terstruktur dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik di MAN 1 Pati

Ni’mah, Zidni Fauziyatan (2023) Implementasi Literasi Al-Qur’an Melalui Pembiasaan Terstruktur dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik di MAN 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (307kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi literasi Al-Qur’an melalui pembiasaan terstruktur dalam membina karakter religius peserta didik di MAN 1 Pati. Peneliti tertarik mengambil tema ini karena maraknya fenomena rendahnya karakter religius peserta didik yang berakibat pada buruknya akhlak pelajar terutama di kalangan remaja. Salah satu cara yang dilakukan oleh MAN 1 Pati dalam membina karakter religius peserta didik adalah dengan melakukan pembiasaan literasi Al-Qur’an. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi literasi Al-Qur’an melalui pembiasaan terstruktur di MAN 1 Pati, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat literasi Al-Qur’an melalui pembiasaan terstruktur di MAN 1 Pati, 3) Untuk mengetahui hasil penerapan literasi Al-Qur’an melalui pembiasaan terstruktur dalam membina karakter religius peserta didik di MAN 1 Pati. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, dewan guru dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi arsip dan sumber sejenisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Setelah semua data terkumpul, data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi literasi Al-Qur’an di MAN 1 Pati dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan yang meliputi pengelompokkan peserta didik, pembuatan buku absen kelas takhassus dan buku panduan mengaji kelas boarding. Pelaksanaan literasi Al-Qur’an meliputi kegiatan tadarus, takhassus, tahfidz, tahsin, dan kegiatan pendorong literasi AlQ-ur’an. Evaluasi program dilakukan melalui 2 cara yang meliputi evaluasi secara berkala dan evaluasi di akhir semester. 2) Faktor yang mendukung terlaksananya literasi Al-Qur’an meliputi kompetensi guru, sarana dan prasarana yang mendukung dan, kedisiplinan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan literasi Al-Qur’an meliputi kedisiplinan peserta didik yang masih kurang, minat peserta didik yang tidak sama, dan pergantian guru pengampu. 3) Hasil implementasi literasi Al-Qur’an diantaranya mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik, meningkatkan karakter peserta didik menjadi lebih ta’at, disiplin, berakhlakul karimah dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: literasi, Al-Qur’an, pembiasaaan, karakter, religius
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2023 02:15
Last Modified: 02 Dec 2023 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11608

Actions (login required)

View Item View Item