Pengaruh Price Discount dan Personal Selling Terhadap Impulse Buying Dalam Perspektif Etika Konsumsi Islam Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Rania Beauty Kudus)

Rofiah, Andriana (2023) Pengaruh Price Discount dan Personal Selling Terhadap Impulse Buying Dalam Perspektif Etika Konsumsi Islam Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Rania Beauty Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (570kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (444kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (845kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (691kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (703kB)

Abstract

Di Indonesia, bisnis ritel merupakan salah satu bisnis yang sekarang ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Agar peritel mempunyai keunggulan bersaing, upaya yang dapat dilakukan oleh peritel untuk memunculkan dan mendorong transaksi pembelian pada konsumen ialah dengan menciptakan pengaruh stimulus, seperti kegiatan penciptaan atmosfer toko, potongan harga, melakukan penjualan secara personal, dan juga melalui display product pada tempat perbelanjaan. Selain itu, intensitas pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen, terkadang dipengaruhi dan ditentukan oleh suasana hati seseorang, sehingga konsumen yang memiliki perasaan yang tidak dibatasi oleh lingkungan mereka, keinginan untuk menghargai diri sendiri dan lebih banyak energi serta mereka yang mengalami emosi bahagia, biasanya mempunyai dorongan yang lebih besar untuk melakukan pembelian. Dengan demikian, peneliti tertarik melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount dan personal selling terhadap impulse buying dengan positive emotion sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata jumlah pengunjung Rania Beauty Kudus pada tahun 2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan menyebar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode SEM-PLS dengan tahapan uji outer model, uji inner model dan uji hipotesis menggunakan software Smart-PLS versi 4. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa (1) price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada konsumen Rania Beauty Kudus, dengan nilai t_hitung > t_tabel (6,104 > 1,985) dan p-value 0,000 < 0,05; (2) price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion pada konsumen Rania Beauty Kudus, dengan nilai t_hitung > t_tabel (3,882 > 1,985) dan p-value 0,000 < 0,05; (3) personal selling tidak berpengaruh terhadap impulse buying pada konsumen Rania Beauty Kudus, dengan nilai t_hitung < t_tabel, (0,897 < 1,985) dan p-value 0,370 > 0,05; (4) personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion pada konsumen Rania Beauty Kudus, dengan nilai t_hitung > t_tabel (9,375 > 1,985) dan p-value 0,000 < 0,05; (5) positive emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada konsumen Rania Beauty Kudus, dengan nilai t_hitung > t_tabel (2,107 > 1,985) dan p-value 0,000 < 0,05; (6) positive emotion tidak dapat memediasi antara price discount terhadap impulse buying pada konsumen Rania Beauty Kudus, dengan nilai t_hitung < t_tabel (1,781 < 1,985) dan p-value 0,075 > 0,05; (7) positive emotion dapat memediasi antara personal selling terhadap impulse buying pada konsumen Rania Beauty Kudus, dengan nilai t_hitung > t_tabel (2,043 > 1,985) dan p-value 0,041 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaharany, Indah DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Price Discount, Personal Selling, Impulse Buying, Positive Emotion
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2023 02:20
Last Modified: 09 Dec 2023 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11673

Actions (login required)

View Item View Item