Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran IPA Tema Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati

‘Aly, Ahmad Saifuddin (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran IPA Tema Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MI Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (644kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (699kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya adalah: pertama, Untuk mengetahui perencanaan Pengembangan Media Pembelajaran berbasis video animasi pada pelajaran IPA tema gaya kelas IV di MI Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati. Kedua, Untuk mengetahui penerapan Media Pembelajaran berbasis video animasi pada pelajaran IPA tema gaya kelas IV di MI Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati. Ketiga, Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran IPA tema gaya kelas IV di MI Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian R&D/Research and Development menggunakan model borg and gell. Merupakan sebuah pengembangan untuk menghasilkan produk yang melewati beberapa tahapan untuk mengetahui tingkat keberhasilan produk tersebut. Dengan desain penelitiannya mengguakan quasi eksperimen yaitu nonequivalent control group design yaitu pengukuran menggunakan pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket respon siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 di MI Sultan Agung 01 Sukolilo-Pati. Analisis data statistik yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan penilaian hasil angket respon siswa keseluruhan hasil diperoleh perhitungan rata-rata skor sebesar 1807 dan presentasi sebesar 87%, sehingga video pembelajaran termasuk ke dalam kategori “sangat Layak”. Kemudian pada penilitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dimana setelah mendapatkan treatmen kelas eksperimen mendapatkan mean sebesar 83, sedangkan mean nilai kontrol sebesar 67. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan thitung ≤ ttabel = 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran ipa tema gaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Video Animasi, Peningkatkan Hasil Belajar Siswa, IPA.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2023 03:58
Last Modified: 09 Dec 2023 03:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11679

Actions (login required)

View Item View Item