Optimalisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Oleh Kelompok Bank Sampah Ganis Mulyo Di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus.

Urfan, Adiyat (2023) Optimalisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Oleh Kelompok Bank Sampah Ganis Mulyo Di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (793kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana langkah optimalisasi pengelolaan sampah rumah tangga yang dilakukan oleh bank sampah "Ganis Mulyo" Di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Penelitian yang peneliti lakukan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi, dengan cara menggali informasi dari beberapa narasumber yang memiliki keterkaitan dalam penelitian yang diteliti diantaranya: Kelompok bank sampah "Ganis Mulyo", dan anggota aktif bank sampah " Ganis Mulyo" Selanjutnya dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang penelti peroleh menunjukkan bahwasanya agar bank sampah "Ganis Mulyo" Beroprasi dengan optimal dalam penanggulangan sampah rumah tangga di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus perlu adanya beberapa langkah strategi diantaranya: Pertama, Karakteristik sampah rumah tangga di bank sampah “Ganis Mulyo” Terdiri dari sampah organik dan anorganik, sampah anorganik terdiri dari: (1) Kaleng dan Aluminium Berbentuk Gelas, (2) Botol Kemasan Produk Rumah Tangga, (3) Kemasan Plastik Bening Berbentuk Gelas atau Botol, (3) Kemasan Plastik Berwarna Berbentuk Gelas atau Botol, (5) Koran, Majalah dan Kertas Putih, (5) Botol Kaca, (7) Jenis Sampah Lainnya. Kedua, Sosialisasi kepada masyarakat. Ketiga, Membenahi sistem pengelolaan dengan menggunakan metode 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle). Keempat, Mengoptimalkan manajemen bank sampah "Ganis Mulyo" diantaranya: (1) Buku Administrasi, (2) Pembentukan Struktur Pengurus, (3) Mengumpulkan Sampah dengan Prosedur yang Benar, (4) Daftar Hadir, (5) Memilah Sampah, (6) Penimbangan, (7) Tabungan, (8) Dijual ke Pengepul, (9) Memberi arahan dan pelatihan teknis. Kelima, Dampak optimalisasi bank sampah "Ganis Mulyo diantaranya: (1) Aspek kesehatan masyarakat, (2) Aspek Lingkungan, (3) Aspek Ekonomi, (4) Aspek pengetahuan masyarakat. Keenam, Fktor pendukung optimalisasi pengelolaan sampah rumah tangga antara lain: (1) Faktor pendukung dari pihak pemerintah Desa Gondangmanis, (2) Partisipasinya masyarakat Desa Gondangmanis, (3) Sarana prasarana yang memadai. Ketujuh, Faktor penghambat optimalisasi pengelolaan sampah rumah tangga diantaranya: (1) Tak sedikit pola pikir masyarakat yang lebih memilih langsung dijual ke tukan rongsokan, (2) Pengurus bank sampah "Ganis Mulyo" Yang kurang aktif dalam menjalankan tugasnya, (3) Naik turunnya harga sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBastomi, HasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pengelolaan, Sampah Rumah Tangga, Bank Sampah,
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2023 05:08
Last Modified: 09 Dec 2023 05:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11680

Actions (login required)

View Item View Item