Pengembangan Dakwah Islam di Desa Pancasila Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati (Strategi Dakwah Islam dalam Moderasi Beragama

Kholifah, Dwi Nur (2023) Pengembangan Dakwah Islam di Desa Pancasila Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati (Strategi Dakwah Islam dalam Moderasi Beragama. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR (TANPA ABSTRAK).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (662kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (953kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (904kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (546kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan dakwah Islam di Desa Pancasila Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati yang fokus pada strategi dakwah Islam dalam moderasi beragama. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengembangan dakwah Islam, strategi dakwah Islam dalam moderasi beragama, serta faktor pendukung dan penghambat pengembangan dakwah Islam di Desa Pancasila Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan subjek penelitian Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua Deswita Pancasila Jrahi, Pemuka Agama Islam, dan masyarakat. Data primer penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa subjek penelitian tersebut, sedangkan data sekundernya diperoleh dari pustaka yang relevan. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data dan dependability. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan dakwah Islam di Desa Pancasila Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati mengalami perkembangan yang baik dengan melalui empat tahapan, yaitu tahap I pengembangan dakwah Islam melalui pembangunan masjid sebagai tempat ibadah umat Islam, tahap II pengembangan dakwah Islam melalui peran tokoh agama Islam, tahap III pengembangan dakwah Islam melalui aktivitas dakwah Islam sebagai metode untuk meningkatkan kualitas iman umat Islam, dan tahap IV pengembangan dakwah Islam melalui perilaku moderasi beragama. Strategi dakwah Islam dalam moderasi beragama yang digunakan, pertama dilihat dari tujuan dakwah yaitu strategi tarqiyah dalam pilar keadilan/tawassuth dan keseimbangan/tawazun (acara rutinan Muslimat, Fatayat, IPPNU, NU, Ansor, IPNU dan Pendidikan Islam), kedua dilihat dari pendekatan dakwah yaitu strategi kultural dalam pilar toleransi/tasamuh (pengajian PHBI dan santunan anak yatim serta duafa). Selain itu juga ada faktor pendukung dari keistimewaan daerah yang asri, indah, dan damai; sikap dan perilaku moderasi beragama dalam jati diri masyarakat; adanya dukungan dari keluarga, teman, dan masyarakat kalangan umat Islam; perilaku da’i atau pelaku dakwah Islam yang bijaksana dan cerdas dalam mengatur kegiatan dakwahnya, serta adanya tempat pendidikan agama Islam sejak usia dini. Akan tetapi masih ada faktor penghambat dari cemooh aliran Astrobroto dan rasa malas beribadah akibat cuaca yang dingin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuningsih, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Dakwah Islam, Strategi, Moderasi Beragama
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2023 06:07
Last Modified: 09 Dec 2023 06:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11682

Actions (login required)

View Item View Item