Konsep Tawadhu’ Qur’ani Dalam Kitab Hidayatul Muta’allim Dan Implikasinya Terhadap Perilaku Siswa Mts Tahfidz Yanbuúl Qur’an Kudus

Aji, Muhammad Setya (2023) Konsep Tawadhu’ Qur’ani Dalam Kitab Hidayatul Muta’allim Dan Implikasinya Terhadap Perilaku Siswa Mts Tahfidz Yanbuúl Qur’an Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (564kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (422kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (769kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (969kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (422kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konsep tawadhu’ dalam Al-Qur’an dan hubungannya dengan kitab hidayatul muta’allim terhadap perilaku siswa MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus dengan kegiatan pembacaan kitab hidayatul muta’allim. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep tawadhu’ dalam kitab Hidayatul Muta’aallim dengan tinjauan Al-Qur’an mengenai konsep tawadhu’ dan implikasinya terhadap pembentukan karakter siswa dengan pembacaan kitab hidayatul muta’allim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana dalam pendekatan ini akan mengumpulkan data-data yang terkait tema dengan mendiskripsikan permasalahan yang diteliti berdasarkan data yang diperoleh melalui penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wanwanca, dokumentasi dan observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini yaitu mengetahui konsep tawadhu’ yang terdapat dalam kitab Hidayatul Muta’allim yaitu tentang tata cara menghormati orang lain dengan sikap rendah diri terutama terhadap guru, dan ditinjau dari pendangan Al-Qur’an mengenai konsep tawadhu’ tersebut dengan ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang kemudian diimplikasikan terhadap perilaku siswa MTs Tahfidz Yanbuúl Qurán Kudus dengan pembacaan kitab Hidayatul Muta’allim. maka dari data yang diperoleh mendapatkan hasil data dari angket yang disebar oleh peneliti kepada siswa kelas VII C dan VIII A dan ditemukan adanya perbedaan yang signifikan, yakni diantara kedua kelas tersebut kelas VII hasil yang ditemukan mayoritas memilih netral karena belum memahami maksud dan tujuan dari kitab Hidayatul Muta’allim, sedangkan kelas VIII memiliki jawaban yang pasti dan konkrit karena telah mengetahui mana yang benar dan maka yang kurang benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatah, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tawadhu’, Al-Qurán, karakter, siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:31
Last Modified: 20 Dec 2023 02:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11728

Actions (login required)

View Item View Item