Pembentukan Perilaku Sosial Anak Korban Broken Home melalui Konseling Behavioral di TPQ Ngaji Omah Mburi

Fransiska, Misfah Khoirina (2023) Pembentukan Perilaku Sosial Anak Korban Broken Home melalui Konseling Behavioral di TPQ Ngaji Omah Mburi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (509kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (221kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (501kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (301kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (486kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB)

Abstract

Anak korban broken home biasanya memiliki perilaku sosial yang kurang baik seperti sering membangkang, kurang ramah, dan sering berkelahi karena kurangnya didikan dari orang tua. Oleh karena itu diperlukan suatu wadah untuk mendidik anak-anak korban broken home agar memiliki perilaku sosial yang lebih baik. Penelitian ini adalah suatu penelitian lapangan untuk mengetahui pelaksanaan, hasil, juga faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan perilaku sosial anak korban broken home melalui konseling behavioral di TPQ Ngaji Omah Mburi Tanjung Karang, Jati, Kudus. Subyek dari penelitian ini terdiri dari 4 orang subyek primer yaitu 1 orang pengasuh, 1 orang tenaga pengajar, dan 2 orang wali murid. Juga 2 orang subyek sekunder yaitu tetangga yang tinggal di sekitar TPQ Ngaji Omah Mburi. Untuk tehnik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara semi structured, observasi lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisisnya peneliti melalui beberapa tahapan yaitu mereduksi data,data display, dan penarikan kesimpulan agar dapat menguraikan data yang di dapat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini adalah telah membentuk perilaku anak korban broken home di TPQ Ngaji Omah Mburi menjadi lebih taat, ramah, inisiatif, dan simpatik. Faktor pendukung pelaksanaan konseling behavioral di TPQ Ngaji Omah Mburi adalah semangat dari pengasuh dan tenaga pengajar, dukungan masyarakat dan dukungan dari orang luar/wali murid. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang anak yang berbeda, waktu mengaji yang singkat dan tenaga pengajar yang kurang kompeten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, Heny KristianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku Sosial, Anak Broken Home, Konseling Behavioral
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:14
Last Modified: 20 Dec 2023 04:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item