Nilai-Nilai Pendidikan Sosial pada Tradisi Buka Luwur Makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara

Aditya, Miftah Maulana (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Sosial pada Tradisi Buka Luwur Makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (751kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (687kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (768kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui prosesi apa saja dalam tradisi buka luwur makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. 2) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan sosial dalam tradisi buka luwur makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berupa penelitian lapangan (field research). Adapun subyek penelitian dalam tulisan ini, adalah kepala Desa Mantingan, Juru kunci Makam Sultan Hadlirin, Tokoh masyarakat Mantingan dan Masyarakat Sekitar Makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik Interview (Wawancara), Observasi dan Dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya data di analisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Tradisi buka luwur makam Sultan Hadlirin Mantingan diselenggarakan setiap tanggal 19 Jumadil Akhir. Upacara tradisi ini berbarengan dengan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Jepara. Tradisi Runtutan acara Prosesi Buka Luwur makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara antara lain : Khataman Al Qur’an, ziarah bersama, prosesi Kirab, pengajian, santunan yatama, dan penggantian luwur makam. Kedua, Nilai sosial dari tradisi buka luwur makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan merupakan segala sesuatu memiliki penanda yang khas bagi masyarakat. Nilai-nilai pendidikan sosial dalam tradisi buka luwur makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara antara lain nilai loves (kasih sayang), responsibility (tanggung jawab), life harmony (keserasian hidup) dalam kehidupan sehari-hari, maka menjadikan nilai luhur tersebut akan terasa bagi masyarakat. Tradisi buka luwur makam Sultan Hadlirin di Desa Mantingan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara terdapat nilai-nilai pendidikan sosial yang bisa sebagai simbol nilai-nilai luhur dan nilai sosial kemasyarakatan yang tujuan utamanya adalah mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Sosial, Tradisi, Buka Luwur, Makam Sultan Hadlirin
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 390 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:06
Last Modified: 21 Dec 2023 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item