Diana, Anita Nor (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MA MANZILUL ULUM BAKALAN KRAPYAK KALIWUNGU KUDUS. TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 COVER NEW.pdf Download (10MB) |
|
Text
02 ASBTRAKSI.pdf Download (2MB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
04 Bab I.pdf Download (398kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (524kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (585kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (653kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (382kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam berargumentasi pada mata pelajaran fikih di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Penelitian ini bersifat field research (penlitian lapangan) yaitu suatu penelitian dimana peneliti langsung terjun ke kancah untuk mencari bahan – bahan yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Dalam Penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus yang di fokuskan pada kelas XI. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka – angka dan analisisnya menggunakan statistik. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah data tentang model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) ,kemampuan berfikir kritis, dan berargumentasi . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 30 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 22 dengan menggunakan teknik Sampling jenuh. Dalam analisis data Penelitian ini menggunakan analisis regresi sebagai teknik analisisnya. Analisis regresi digunakan untuk memprediksikan perubahan variabel dependen (variabel Y) didasarkan atas perubahan variabel independen (variabel X). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa koefisien Pembelajaran berbasis proyek ( Project Based Laeraning) 0,602 menyatakan bahwa setiap peningkatan model pembelajaran berbasis proyek sebesar 100% akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 60,2% variabel project based learning mempunyai t hitung sebesar 8,388 dengan probabilitas (sig) 0,000. Nilai probabilitas (sig) ini kurang dari nilai 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga variabel project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kritis siswa” diterima. Kata Kunci : Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Pelajaran Fikih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 02:28 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 02:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1174 |
Actions (login required)
View Item |