Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Pesanan Furniture (Studi Kasus Pada CV.Pitoo Furnicraft Indonesia Desa Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara)

Widyaningsih, Risda (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Pesanan Furniture (Studi Kasus Pada CV.Pitoo Furnicraft Indonesia Desa Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (772kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (951kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (471kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (734kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (460kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)

Abstract

Di zaman yang semakin modern ini jual beli juga mengalami perkembangan dalam hal mekanisme yang diterapkan, seperti halnya jual beli pesanan yang didalamnya terdapat pemesanan barang dari pembeli dengan menyebutkan spesifikasi dan bentuknya. Begitu pula yang terjadi di CV.Pitoo Furnicraft Indonesia di Desa Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli pesanan furniture pada CV.Pitoo Furnicraft Indonesia dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum islam terhadap praktik jual beli pesanan furniture pada CV.Pitoo Furnicraft Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang pemilik atau penjual dan 3 orang konsumen atau pembeli, untuk memperoleh data penelitian tentang bagaimana praktik transaksi pesanan yang digunakan. Dalam menentukan pembayaran atau transaksi pada pemesanan furniture di CV.Pitoo Furnicraft Indonesia dilakukan dengan kesepakatan pembayaran secara bertahap atau dicicil. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap praktik jual beli furniture dengan sistem pesanan di CV.Pitoo Furnicraft Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, praktik jual beli barang pesanan di CV.Pitoo Furnicraft Indonesia dalam sistem pembayarannya menggunakan sistem pembayaran secara bertahap, menurut hukum islam adalah diperbolehkan dan sesuai dengan hukum islam. Karena jual beli pesanan yang dilakukan termasuk dalam akad Istishna’, sesuai dengan Fatwa DSN No: 06/MUI/IV/2000 pada point kedua bahwa pembayaran bisa dilakukan di awal, diakhir atau bertahap sesuai dengan kesepakatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhisam, LuqmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Pesanan, furniture
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:19
Last Modified: 28 Dec 2023 04:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11747

Actions (login required)

View Item View Item