Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik kelas VII di MTs Nu Darul Anwar

Nafi’ah, Anis Shoimatun (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik kelas VII di MTs Nu Darul Anwar. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (541kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Karakter merupakan salah satu hal penting harus ada pada diri manusia, terutama dalam karakter religius yang harus tertanamkan dalam peserta didik agar menjadi insan kamil dan memiliki akhlak dan perilaku yang baik. Karakter bangsa merupakan aspek terpenting dari kualitas SDM karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Orang yang berkarakter dkuar dan baik secara individu dan social ialah mereka yang memiliki akhlak, moral dan budi pekerti yang baik. Pendidika karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di Negara Indonesia. Diakui atau tidak saat ii krisis yang nyata dan mengkhawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan milik kita yang paling berharga yaitu anak-anak kita. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah 3 peserta didik kelas VII dan juga Guru pendidikan agama islam. Data-data tentang karakter peserta didik di madrasah dikumpulkan dengan tehnik interview semi terstruktur, observasi serta dokumentasi. Setelah data-data tekumpul dan dianalisis dengan tehnik coding dan decoding , penelitian ini berhasil memperoleh hasil bahwa 1) upaya dan strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII menggunkan penanaman nilai-nilai religius dengan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan setiap hari di madrasah. 2) kendala yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik yaitu masih kurangnya kerja sama anatara guru dan juga orang tua di Rumah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam membentuk karakter religius peserta didik yaitu dengan melaksanakan kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan yang dilakukan yaitu membaca asmaul husna di halaman sekolah. Membaca do’a sebelum dan sesudah guru memasuki kelas, menerapkan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), sholat dzuhur berjamaah. Strategi yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter religius peserta didik adalah dengan metode keteladanan dan juga pembiasan. Disamping upaya dan juga strategi yang dilakukan oleh guru PAI ada kendala-kendala yang yang dapat mempengaruhi upaya dan strategi guru, kendala tersebut adalah kurangnya dukungan keluarga dan juga masyarakat di luar sekolah. Tidak ada dukungan guna tercapainya karakter religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelisa, Atika OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Guru PAI
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:40
Last Modified: 29 Dec 2023 01:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11761

Actions (login required)

View Item View Item