Sistem Pengendalian Internal dalam Penerimaan Pajak Daerah Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati (Studi Empiris Tahun 2018-2022)

Sari, Ernita Indah (2023) Sistem Pengendalian Internal dalam Penerimaan Pajak Daerah Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati (Studi Empiris Tahun 2018-2022). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Selama ini realisasi penerimaan pajak daerah di Kabupaten Pati selalu melampaui target yang sudah ditentukan dan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Adanya hal ini didukung dengan terselenggarakannya sebuah pengawasan dan pengendalian secara intern di lingkungan BPKAD Kabupaten Pati supaya peningkatan dan ketercapaian pajak daerah ini dapat selalu terjadi setiap tahunnya. Sehingga penelitian ini bertujuan Pertama, untuk mengetahui dan menganalisis sistem pengendalian internal dalam penerimaan pajak daerah yang dilaksanakan oleh BPKAD Kabupaten Pati, Kedua, untuk mengetahui efektivitas atas sistem pengendalian internal yang telah diterapkan pada BPKAD Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif, serta menggunakan strategi studi kasus dengan tipe deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan, untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi teori, dan triangulasi waktu. Kemudian, untuk analisis datanya melalui 3 tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pertama, BPKAD Kabupaten Pati telah melaksanakan sistem pengendalian internal dengan baik dan sesuai dengan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) yang diatur dalam PP Nomor 60 Tahun 2008, Kedua, pelaksanaan sistem pengendalian internal di lingkup BPKAD Kabupaten Pati telah efektif. Hal ini ditandai dengan terpenuhinya unsur-unsur sistem pengendalian internal dalam proses penyelenggaraannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBaihaqi, JadzilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Pajak Daerah, Efektivitas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Pajak dan Perpajakan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:05
Last Modified: 29 Dec 2023 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11766

Actions (login required)

View Item View Item