Penerapan Metode Gerakan untuk Meningkatkan Hafalan Hadits Pada Anak Kelompok B di RA Muslimat NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus Tahun pelajaran 2022/2023

Ni’mah, Intan Risfiana (2023) Penerapan Metode Gerakan untuk Meningkatkan Hafalan Hadits Pada Anak Kelompok B di RA Muslimat NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus Tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (826kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan hafalan hadits pada anak melalui penerapan metode gerakan di RA Muslimat NU Tarbiyatul Wildan Wates Undaan Kudus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya menghafal hadits pada anak usia 4-5 tahun. Penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits dapat meningkatkan hafalan hadits karena anak akan tertarik dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di RA Muslimat NU Tarbiyatul Wildan yang berjumlah 20 anak. Sedangkan sumber data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, pendidik dan wali murid. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, merangkum data, dengan memilih hal-hal pokok yang penting, menyajikan data dengan teks yang bersifat naratif, kemudian yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode gerakan mampu meningkatkan hafalan hadits pada anak karena metode tersebut dapat membuat anak tertarik dan senang dalam melakukan kegiatan menghafal hadits. Hal tersebut dapat dibuktikan saat anak sangat antusias dalam melakukan hafalan hadits serta mudah mengingat saat diberikan materi baru dalam menghafal hadits. Manfaat penerapan metode gerakan dalam meningkatkan hafalan hadits adalah anak lebih mudah dan semangat dalam menghafal hadits, dapat menyeimbangkan otak kanan dan kiri serta dapat membiasakan anak bertingkah laku baik dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dalam penerapan metode gerakan yaitu kondisi anak yang mudah diatur, fasilitas atau lingkungan yang memadai dan pengetahuan pendidik tentang kondisi anak. Sedangkan faktor penghambat yaitu waktu yang terbatas dan kondisi anak yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Gerakan, Hafalan Hadits, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:27
Last Modified: 04 Jan 2024 07:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item