Khoridah, Khoridah (2016) KARAKTER BERBASIS PESANTREN PROGRAM BILINGUAL CLASS SYSTEM (BCS) DI MADRRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 KUDUS TAHUN 2016. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (949kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (911kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian mengenai implementasi manajemen pendidikan karakter berbasis pesantren ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui secara mendalam proses manajemen pendidikan karakter berbasis pesantren pada program BCS di MAN 2 Kudus yang meliputi ; perencanaan ,pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi serta untuk mendiskripsikan keberhasilan manajemen pendidikan karakter berbasis pesantren pada program BCS di MAN 2 Kudus. Secara spesifik peneliti ingin mengetahui gambaran karakter peserta didiknya, pemahaman dan implementasi pendidikan karakter dalam manajemen kepemimpinan kepala madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan cara peneliti hadir dan mengamati langsung objek penelitian, serta mengadakan wawancara langsung kepada sumber data penelitian yaitu pada kepala madrasah , para wakil kepala urusan kurikulum,wakil kepala urusan kesiswaan,wakil kepala program BCS, para guru,manager boarding, pengasuh boarding , peserta didik program BCS serta wali peserta didik MAN 2 Kudus. Pemeriksaan data dalam penelitian ini didasarkan pada empat kriteria,yaitu derajat kepercayaan atau kredibilitas (credibility) ,keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian atau konfirmabilitas (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik Program BCS di MAN 2 Kudus memiliki banyak karakter seperti religius, jujur, kreatif, tanggung jawab, peduli lingkungan dan sosial, komunikatif dan sopan santun. Hal ini menunjukkan bukti adanya pemahaman kepala madrasah dan guru terhadap program pendidikan karakter berbasis pesantren. Dalam kegiatan manajemen pendidikan karakter secara umum nampak pada kegiatan perencanaan, pengorganisaian, pelaksanaan dan pengawasan. Di samping itu, guru selalu berusaha menjadi teladan dan motivator yang baik. Adapun faktor yang mendukung terlaksananya program pendidikan karakter adalah adanya kerja sama yang baik, lingkungan yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadahi, dan adanya perhatian dan komunikasi yang baik antara pihak madrasah dengan orang tua/wali peserta didik. Faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah adanya peserta didik yang kurang memiliki motivasi dari pihak keluarga atau lingkungan rumah/keluarga yang kurang mendukung program madrasah. Dampak manajemen pendidikan karakter berbasis pesantren menjadikan MAN 2 Kudus menjadi ikon madrasah yang mampu mencetak peserta didik menjadi orang yang tafaqquh fiddin juga mampu menguasai sains dan riset serta mampu dan terampil berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris. Kata Kunci : Manajemen ,Pendidikan Karakter, Dan Pesantren
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 03:22 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 03:22 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1179 |
Actions (login required)
View Item |