Novi Rohyana, Alif Novi (2016) KONTRIBUSI ISTIGHOSAH DAN DZIKIR AKBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KEBERAGAMAAN SISWA DI SDIT UMAR BIN KHATTAB JUWANA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 Daftar Isi.pdf Download (387kB) |
|
Text
03 Abstrak.pdf Download (376kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (471kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (670kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (412kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (668kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (385kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan keberagamaan siswa, untuk mengetahui pelaksanaan istighosah dan dzikir akbar, untuk mengetahui kontribusi istighosah dan dzikir akbar terhadap perkembangan keberagamaan di SDIT Umar bin Khattab Juwana. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus atau lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, conclusion. Hasil penelitian menunjukkan perilaku keberagamaan siswa mengalami peningkatan dengan dilaksanakannya istighosah dan dzikir akbar di SDIT Umar bin Khattab Juwana. Hal tersebut terlihat dengan perbedaan perilaku siswa, jika sebelum pelaksanaan istighosah dan dzikir akbar siswa kurang rajin dalam melaksanakan sholat dhuha di sekolah, sering bercanda dan kurang fokus, maka setelah pelaksanaan istighosah siswa menjadi lebih fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat dhuha di sekolah. Istighosah dan dzikir akbar di SDIT Umar bin Khattab Juwana dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan, yang pertama disebut dengan Ma’surah yang dilaksanakan dua kali dalam setahun sebelum pelaksanaan UAS dan sebelum UKK. Sedangkan kegiatan yang kedua disebut MABIT yaitu malam bina Iman dan Taqwa yang dilaksanakan setiap hari. Kegiatan ketiga dilaksanakan setiap hari Sabtu setelah pelaksanaan senam pagi sekitar pukul 10.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Pelaksanaan istighosah dan dzikir akbar di SDIT Umar bin Khattab Juwana, memberikan kontribusi yang sangat baik terhadap terhadap perkembangan keberagamaan siswa, mencakup tiga aspek perkembangan keberagamaan siswa yaitu aspek keyakinan kepada Allah SWT, dengan semakin rajinnya siswa dalam menjalankan ibadah, aspek kedua yaitu aspek perilaku sosial, yaitu sikap saling menghormati, saling menyayangi dan mengasihi antar sesama teman, dengan guru dan dengan orang tua, serta aspek ketiga yaitu peningkatan hasil pendidikan dengan menjadi pribadi yang berpretasi dalam akademik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Istighosah dan Dzikir Akbar, Perkembangan Keberagamaan. |
Subjects: | 200 Agama Aqaid dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Allah 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 05:08 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 05:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/118 |
Actions (login required)
View Item |