NILAI-NILAI ETIKA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF SAYYID MUHAMMAD DALAM KITAB AT TAHLIYAH WAT TARGHIB FI AL TARBIYAH WA AL TAHDZIB

Kamaliya, Nur ‘Iffah (2017) NILAI-NILAI ETIKA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF SAYYID MUHAMMAD DALAM KITAB AT TAHLIYAH WAT TARGHIB FI AL TARBIYAH WA AL TAHDZIB. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh dekadensi moral pada pelajar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) nilai-nilai etika yang ada dalam kitab At Tahliyah Wa Al Targhib Fi Al Tarbiyah Wa Al Tahdzib, (2) untuk mengetahui pendidikan akhlak menurut Sayyid Muhammad, (3) relevansi kitab At Tahliyah Wat Targhib Fi Al Tarbiyah Wa Al Tahdzib. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian di analisis yang bersifat kualitatif dengan menggunkan metode content analisys. Penerapan metode content analysis yaitu : pertama-tama peneliti menyajikan apa adanya teks tersebut, selanjutnya melewati proses content analysis untuk menelaah isi pesan yang ada dalam kitab At Tahliyah Wat Targhib Fi Al Tarbiyah Wa Al Tahdzib, peneliti memadukan isi dalam kitab tersebut dengan permasalahan pendidikan akhlak kontekstual. Kemudian metode content analysis akan mengungkapkan isi kitab At Tahliyah Wat Targhib Fi Al Tarbiyah Wa Al Tahdzib. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kitab At Tahliyah Wat Targhib Fi Al Tarbiyah Wa Al Tahdzib mengandung nilai-nilai etika yang berorientasi pada pembentuan akhlak karimah. Nilai-nilai etika yang terdapat dalam kitab At Tahliyah Wat Targhib Fi Al Tarbiyah Wa Al Tahdzib telah terangkum dalam tiga belas bab yang telah dikemas secara sistematis. Dan diantara materi yang satu dengan materi yang lain terdapat keserasian sebagai sarana dalam mencapai kompetensi akhlak karimah dalam proses pendidikan akhlak. Materi –materi yang ditawarkan oleh Sayyid Muhammad tersebut tidak hanya meliputi materi yang sifatnya berkaitan dengan individual atau perseorangan saja, namun juga berkaitan dan berhubungan dengan kehidupan sosial kemasyarakatan. Selain itu, dalam kitab tersebut juga mengupas tentang aktivitas yang berkaitan dengan Tuhan sang pencipta alam semesta yaitu dengan etika terhadap lingkungan. Keserasian model pendidikan akhlak yang dikemukakan oleh Sayyid Muhammad dalam kitab ini terhadap model pendidikan akhlak yang ada di Negara kita menjadi penguat bahwa kitab ini relevan, sehingga bisa dijadikan sumber rujukan pembelajaran dalam pendidikan. Dan apabila dapat diterapkan sehari-hari maka peserta didik dapat memiliki akhlak yang mulia. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak, terutama dalam memberi pertolongan dan motivasi pada rekan-rekan mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas penelitian pada masa yang akan datang. Kata kunci :Nilai-nilai etika, dan Pendidikan akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:49
Last Modified: 05 Jun 2017 03:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item