Strategi BUMDes Mulia Jaya Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi pada BUMDes Desa Bakung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak)

Rianti, Tata (2023) Strategi BUMDes Mulia Jaya Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi pada BUMDes Desa Bakung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

BUMDes Mulia Jaya ini menjadi program baru dalam usaha meningkatkan ekonomi desa berdasarkan kebutuhan masyarakat dan potensi desa. Dalam kegiatannya tidak hanya berorientasi pada keuntungan keuangan saja, melainkan untuk mendukung peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Bakung. BUMDes Mulia Jaya ini melalui kegiatan-kegiatan ekonomi masyarakat dalam bentuk badan usaha yang dikelola secara professional, dan diharapkan dapat mengembangkan unit usaha dalam mendayagunakan potensi ekonomi serta semakin tinggi pula peningkatan dalam berwirausaha bagi perekonomian masyarakat sekitar. Untuk memenuhi kebutuhan yang masih kurang, mereka memilih untuk berdagang dan bertani, namun beberapa orang masih kekurangan modal untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Oleh karenanya dibutuhkan dari strategi BUMDes dalam pemenuhan sumber modal, agar terus dikelola dan ditingkatkan untuk kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi BUMDes Mulia Jaya, menjelaskan peningkatan ekonomi sebelum dan sesudah adanya BUMDes Mulia Jaya, serta menjelaskan mengenai Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat BUMDes Mulia Jaya Desa Bakung dalam menopang kesejahteraan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif Sedangkan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi BUMDes Mulia Jaya terhadap peningkatan ekonomi di Desa Bakung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak mengalami perubahan yang signifikan dari tahun ke tahun bagi desa maupun masyarakat. Strategi dalam meningkatkan perekonomian dengan cara meningkatkan UMKM, serta meningkatkan pemasaran dan permodalan. Faktor pendukung BUMDes Mulia Jaya dalam menopang kesejahteraan masyarakat adalah partisipasi dari pihak desa dan masyarakat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu masalah anggaran dana, sarana dan peasarana, dan kurangnya kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdullah, JunaidiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Strategi, dan Peningkatan ekonomi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:50
Last Modified: 30 Jul 2024 04:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11860

Actions (login required)

View Item View Item