Penerapan Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa di Kelas X MAN 1 Kudus

Yanti, Alfina Damar (2023) Penerapan Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa di Kelas X MAN 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (354kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (749kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (300kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (941kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kebutuhan untuk menciptakan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan dapat merangsang kreativitas siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas X MAN 1 Kudus. Saat ini, siswa perlu memiliki kreativitas dalam menghadapi berbagai situasi. Namun, dalam pembelajaran Akidah Akhlak siswa sering kali kehilangan minat dan motivasi. Pada konteks ini, prinsip pembelajaran kurikulum Merdeka Belajar muncul sebagai solusi yang menawarkan kebebasan kepada siswa untuk mengatur dan mengontrol cara siswa belajar. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip pembelajaran kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak, 2) untuk mengetahui bagaimana pengembangan kreativitas siswa pada pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak setelah penerapan prinsip pembelajaran kurikulum merdeka belajar, 3) untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan prinsip pembelajaran kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru Akidah Akhlak, serta Siswa kelas X di MAN 1 Kudus. Teknik pengumpulan penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan, pengujian keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Semua data dianalisis secara deskriptif dengan tahapan-tahapan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan prinsip pembelajaran kurikulum merdeka yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak di kelas X MAN 1 Kudus yakni; (a) menerapkan pendekatan pembelajaran (b) pembelajar sepanjang hayat; (c) holistik; (d) relevan; (e) penilaian berkelanjutan; (f) pengabdian kepada Allah SWT. 2) Kemampuan kreativitas siswa dengan adanya penerapan prinsip pembelajaran kurikulum merdeka belajar mengalami pengembangan, siswa memiliki kemampuan berpikir kritis, memiliki rasa ingin tahu yang luas, senang mencoba hal-hal baru, dan memiliki kemampuan imajinasi. 3) Faktor yang mendukung penerapan prinsip pembelajaran kurikulum merdeka belajar yakni sarana prasarana yang memadai, ketersediaan SDM guru yang memadai, dan perangkat aturan yang mewadahi IKM sudah lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya keterbatasan guru Akidah Akhlak dalam penguasaan masalah teknologi, penyesuaian struktur kurikulum yang lama dengan kurikulum yang sudah berjalan, dan belum adanya model yang tepat untuk menerapkan kurikulum mereka belajar seperti yang diharapkan pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPartono, PartonoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prinsip Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Kreativitas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:29
Last Modified: 12 Aug 2024 06:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11944

Actions (login required)

View Item View Item