Pembentukan Moral Siswa Melalui Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Jumuah Rohani di SMK Negeri 1 Demak

Natasa, Liyana (2023) Pembentukan Moral Siswa Melalui Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Jumuah Rohani di SMK Negeri 1 Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (593kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)

Abstract

Permasalahan moral sudah marak terjadi dikalangan siswa hal tersebut menjadikan lembaga pendidikan lebih giat lagi dalam mendidik siswanya terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sekolah umum berbasis kejuruan berusaha keras untuk menghasilkan siswa yang berkompetensi serta memiliki budi pekerti yang baik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana pembentukan moral siswa di SMK Negeri 1 Demak; (2) untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan jumuah rohani di SMK Negeri 1 Demak; (3) untuk mengetahui faktor pendukung, penghambat serta solusi dari kendala yang muncul dalam proses pembentukan moral siswa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan jumuah rohani di SMK Negeri 1 Demak. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian mencakup kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PAI, guru BK, guru PPKN, pembina rohis, pengisi tausiyah serta siswa SMK Negeri 1 Demak. Teknik pengumpulan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) pembentukan moral siswa di SMK Negeri 1 Demak dilaksanakan melalui upaya pembiasaan baik di sekolah seperti pembiasaan bersikap 5S dan 7K, budaya bersalaman, pembiasaan sholat dhuhur dan ashar berjamaah serta infaq jumat; lalu melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan jumuah rohani dan pembentukan moral melalui penguatan pembelajaran PAI, 2) proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan jumuah rohani di SMK Negeri 1 Demak berisikan kegiatan pembukaan atau sambutan, membaca asmaul husna, tahlil, mengaji Al Qur’an, kajian tausiyah, dan ditutup dengan doa, 3) faktor pendukung pembentukan moral siswa melalui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan jumuah rohani di SMK Negeri 1 Demak adanya respon positif dari warga sekolah, kedekatan antar guru dengan siswa, fasilitas yang mewadai, dan adanya kerjasama yang solid. Sedangkan faktor penghambatnya minimnya dana untuk mengundang pengisi tausiyah, metode penyampaian dakwah monoton, serta faktor alam yang mempengaruhi kelancaran acara. Hal tersebut memerlukan solusi dengan menjadikan guru PAI sebagai pengisi tausiyah dan penggunaan metode dalam berceramah lebih seru sehingga siswa tidak bosan dalam menyimak dan memahami materi tausiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugroho, PuspoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembentukan moral; ekstrakurikuler keagamaan; jumuah rohani
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:41
Last Modified: 14 Aug 2024 04:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item