Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2014-2021)

Astuti, Putri Puji (2023) Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2014-2021). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (971kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB)

Abstract

Memanfaatkan return saham dapat menjadi faktor utama dalam berinvestasi karena investor dapat mengetahui keuntungan yang akan diperoleh. Guna menentukan perusahaan yang akan memanifestasikan return tinggi, dapat dilihat dari kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Return on Asset (ROA), dan Return on Equity (ROE) yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah DER, CR, ROA, dan ROE berpengaruh terhadap Return Saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2014-2021 dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian bisa menjadi rekomendasi bagi investor dalam melakukan investasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan kajian pustaka. Variabel dependen pada riset ini ialah Return Saham, sedangkan variabel independen ialah DER, CR, ROA, dan ROE. Data yang digunakan ialah laporan keuangan periode 2014-2021. Analisis statistik yang dilakukan meliputi Statistik Deskriptif, Metode Estimasi Data Panel, Pemilihan Model Regresi Data Panel, Uji Asumsi Klasik, Uji Signifikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t), DER, CR, dan ROA tidak berpengaruh terhadap Return Saham, sedangkan ROE berpengaruh positif signifikan terhadap Return Saham. Secara simultan (uji F), DER, CR, ROA, dan ROE berpengaruh terhadap Return Saham dengan hasil pengujian uji F 0,048342 < 0,05. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 10,30% pengaruh Return Saham yang bisa dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sisanya 89,7% dipengaruhi oleh factor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuhadi, SuhadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), Return on Asset (ROA), dan Return on Equity (ROE), Return Saham
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:58
Last Modified: 19 Aug 2024 07:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item