KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DALAM PERSPEKTIF GENDER

Mustaqim, Muhamad KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DALAM PERSPEKTIF GENDER. EDUKASIA STAIN Kudus, 9 (1). pp. 1-16. ISSN (P-ISSN : 1907-7254 ; E-ISSN : 2502-3039)

Full text not available from this repository.
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengkaji tentang implementasi kurikulum pada pendidikan dasar yang berbasis pada kesetaraan gender. Untuk maksud tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif. Dengan melihat berbagai fenomena bias dan diskriminasi gender yang selama ini membudaya, termasuk dalam dunia pendidikan menjadikan upaya untuk membangun kurikulum berperspektif gender menemukan relevansinya. Pendidikan dasar, sebagai upaya membangun pengetahuan, keterampilan dan sikap sejak dini menjadi hal penting dalam sosialisasi dan penanaman keadilan gender.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa implementasi kurikulum berperspektif gender ini bisa dilakukan melalui beberapa pendekatan, baik secara implisit, eksplisit, perubahan maupun aksi sosial sebagai upaya dalam meminimalisir bias gender yang ada dalam pendidikan, tentunya dengan berbagai formulasi yang ditawarkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kurikulum; pendidikan; gender
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: UPPI STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:54
Last Modified: 05 Jun 2017 08:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item