Penerapan Activity Based Costing untuk Menentukan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Produk pada Usaha URN Hijab

Ma’rifah, Siti Ulil (2023) Penerapan Activity Based Costing untuk Menentukan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Produk pada Usaha URN Hijab. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (299kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Harga menjadi salah satu tolak ukur pada industri perdagangan. Maka dari itu perusahaan harus mampu menentukan harga yang tepat, mulai dari harga pokok produksi dan harga jual. Sebagai pengganti perhitungan HPP secara tradisional yang dianggap kurang efektif, terdapat cara lain untuk menentukan HPP yang bisa memberikan informasi biaya yang lebih rinci. Adapun cara tersebut adalah perhitungan HPP berdasarkan metode activity based costing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi perhitungan HPP berdasarkan metode activity based costing pada usaha URN Hijab. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilakukan uji keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan HPP berdasarkan metode activity based costing lebih rendah dibandingkan dengan perhitungan HPP menggunakan metode tradisional. Hasil perhitungannya adalah sesuai dengan metode tradisional untuk hijab serut ialah Rp. 9.376 per unit. Sementara untuk hijab bella square ialah senilai Rp. 12.690 per unit. Hasil penghitungan HPP sesuai dengan metode activity based costing untuk hijab serut ialah senilai Rp. 9.203 per unit. Sementara untuk hijab bella square ialah senilai Rp. 12.673 per unit. Perbedaan yang terjadi antara penghitungan HPP berdasarkan activity based costing dan metode tradisional disebabkan oleh pembebanan biaya overhead pabrik pada masing-masing produk. Penggunaan activity based costing dapat meningkatkan mutu pengambilan keputusan, sehingga dapat membantu pihak manajemen untuk memperbaiki perencanaan strateginya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRakhmawati, ItaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Sistem Activity Based Costing¸ Sistem Tradisional
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:12
Last Modified: 05 Sep 2024 08:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12014

Actions (login required)

View Item View Item