Nugraha, Rois Prianto Agung (2023) Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru Terhadap Pembatasan Media Sosial dalam Meningkatkan Prestasi Tahfidz al Qur’an di SD Muhammadiyah al Mujahidin Wonosari Gunungkidul. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (920kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (471kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (376kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (522kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (762kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (465kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (696kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (438kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (352kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi peran orang tua dan guru dalam pembatasan penggunaan media sosial terhadap peningkatan prestasi tahfidz Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul, yang meliputi 1) Untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pembatasan penggunaan media sosial dalam peningkatan prestasi tahfidz Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari Gunungkidul, 2) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembatasan penggunaan media sosial dalam peningkatan prestasi tahfidz Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari Gunungkidul, 3) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kolaborasi peran masing-masing dalam pembatasan media sosial terhadap peningkatkan prestasi tahfidz Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari Gunungkidul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitiannya merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu pelaku, tempat dan kegiatan yang dilakukan di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu wali murid atau orang tua serta guru koordinator tahfidz Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul, dan sumber data sekunder dari peserta didik SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat masing-masing peran antara orang tua dan guru dalam pembatasan penggunaan media sosial untuk meningkatkan prestasi tahfidz Al-Qur'an di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul. Berikut adalah temuan yang dijelaskan: 1) Peran Orang Tua: a) Melakukan pembatasan penggunaan media sosial pada waktu tertentu b) Memberitahu anak mengenai efek yang terjadi ketika tidak ada pembatasan penggunaan media sosial. c) Memberitahu anak mengenai manfaat pembatasan penggunaan media sosial. 2) Peran Guru: a) Membatasi penggunaan media sosial yang berkaitan dengan Al-Qur'an, seperti menonton video di YouTube atau menggunakan aplikasi terkait Al-Qur'an. b) Memberitahu peserta didik mengenai efek yang terjadi ketika tidak ada pembatasan media sosial. c) Memberitahu peserta didik mengenai manfaat pembatasan penggunaan media sosial. d) Meningkatkan program tahfidz. e) Menyediakan solusi dalam upaya peningkatan prestasi tahfidz. f) Memberikan evaluasi dalam meningkatkan prestasi tahfidz. 3) Bentuk-bentuk kolaborasi peran masing-masing dalam pembatasan media sosial terhadap peningkatan prestasi tahfidz Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari Gunungkidul yaitu, kerjasama orang tua dan guru untuk meningkatkan prestasi tahfidz Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kolaborasi, Peran Orang tua dan Guru, Pembatasan Media Sosial, Terhadap Peningkatan Tahfidz Al-Qur’an | ||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Psikologi Keluarga 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2024 01:59 | ||||||
Last Modified: | 20 Sep 2024 01:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12029 |
Actions (login required)
View Item |