Mabruroh, Zulfa Harum (2023) Program Tahfidz Qur’an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMP QT (Al-Qur’an Terpadu) Al-Hamidiyah Margoyoso Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (355kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (316kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (430kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (440kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (569kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (261kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi fenomenologi yang dilatarbelakangi karena banyaknya siswa SMP yang masih rentan dengan kenakalan remaja dan perilaku non edukatif serta berkurangnya rasa gemar membaca Al-Qur’an sehingga peneliti mencoba menggali sebuah makna mengenai program tahfidz qur’an, menjelaskan proses pembentukan karakter disiplin siswa melalui program tahfidz qur’an, mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat program tahfidz qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa. Program tahfidz qur’an di SMP QT (Al-Qur’an Terpadu) Al-Hamidiyah Margoyoso Pati sangat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan, dan disini jarang sekali siswa yang melanggar peraturan karena sisiwanya putri semua jadi mudah diatur. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha menguak kualitas sesuatu, keganjilan-keganjilannya dan karakter esensialnya. Subyek penelitian ini adalah 3 guru tahfidz, 6 siswa, kepala tahfidz dan kepala sekolah. Data-data tentang karakter disiplin siswa melalui program tahfidz qur’an dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik data collecetion, data reduction, data display dan verification dari model analisis data kutipan Sugiyono, penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan yaitu: 1) program tahfidz qur’an yaitu tahsin, ziyadah dan muraja’ah, yang mana pelaksanaannya dibagi menjadi tiga metode yakni metode sorogan, muraja’ah dan yanbu’a. 2) internalisasi karakter disiplin siswa menggunakan ta’ziran yang dihitung sesuai point yang dilanggar pada saat mengikuti metode sorogan, muraja’ah, dan yanbu’a. 3) siswa nampak memiliki karakter disiplin dapat dilihat pada akhlak siswa selama pembelajaran dan diluar pembelajaran senantiasa memberikan dampak positif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Pendidikan Karakter, Program Tahfidz Qur’an | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Sep 2024 04:45 | ||||||
Last Modified: | 20 Sep 2024 04:45 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12041 |
Actions (login required)
View Item |