Penerapan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Daya Saing Penjualan dalam Perspektif Islam (Studi Kasus pada UD. Achwan Jaya Mandiri Desa Dersalam Kudus)

Afnani, Muhammad Amin (2023) Penerapan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Daya Saing Penjualan dalam Perspektif Islam (Studi Kasus pada UD. Achwan Jaya Mandiri Desa Dersalam Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (679kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (868kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (556kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (840kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan dan hasil Analisis SWOT untuk Meningkatkan Daya Saing Penjualan dalam Perspektif Islam pada UD. Achwan Jaya Mandiri di Desa Dersalam Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan melalui pendekatan kualitatif studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer di dapat dari proses wawancara langsung dari kedua owner UD. Achwan Jaya Mandiri. Sementara data sekunder didapat dari beberapa dokumen buku, arsip, dari UD. Achwan Jaya Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Analisis SWOT untuk Meningkatkan Daya Saing Penjualan secara umum maupun Perspektif Islam sudah diterapkan oleh UD. Achwan Jaya Mandiri dan membuahkan hasil yang meningkat, hal itu di buktikan dengan perkembangan perusahaan yang awal mula di bangun sejak 2009 hingga sekarang yang berhasil memiliki 20 agen tetap. UD. Achwan Jaya Mandiri harus mempelajari lebih dalam lagi tentang IFAS, EFAS, dan Matrik SWOT dalam perusahaan agar nantinya bisa menerapkan analisis SWOT dalam meningkatkan daya saing penjualan dengan optimal dan lebih baik. Dan hasil penerapan analisis SWOT dalam perusahaan menunjukkan bahwa UD. Achwan Jaya Mandiri selama ini sudah menerapkan analisis SWOT. Karena dengan adanya analisis SWOT itu sangat berpengaruh dalam perkembangan UD. Achwan Jaya Mandiri, akan tetapi untuk penerapan IFAS, EFAS, dan Matrik SWOT sejauh ini perusahaan belum begitu mengerti, oleh karena itu peran peneliti sangat penting untuk membantu perusahaan agar kedepannya bisa menerapkan analisis SWOT sebagai semestisnya. Karena point terpenting di analisis SWOT yaitu dibagian IFAS, EFAS, dan Matrik SWOT apabila perusahaan bisa menerapkan dengan baik untuk mengembangkan bisnisnya mengingat zaman sekarang persaingan dalam bisnis sangat ketat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAflah, Kuntarno NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Meningkatkan Daya Saing, Perspektif Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran

300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Perdagangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:35
Last Modified: 24 Sep 2024 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12062

Actions (login required)

View Item View Item