Implementasi Mata Pelajaran Muatan Lokal Kerifaiyahan Sebagai Upaya Penguatan Spiritual Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Muhtadin Pati

Aziz, Abdul (2023) Implementasi Mata Pelajaran Muatan Lokal Kerifaiyahan Sebagai Upaya Penguatan Spiritual Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Muhtadin Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)

Abstract

Muatan lokal kerifaiyahan adalah muatan lokal yang membahas mengenai biografi Syekh Haji Ahmad Rifa’I dan kitab-kitab karangan Syekh Haji Ahmad Rifa’i. Syekh Haji Ahmad Rifa’i ini mengarang sebuah kitab bernama kitab tarjumah. Kitab tarjumah yang diajarkan dalam madrasah tsanawiyah Miftahul Muhtadin ada tiga kitab yang diajarkan yaitu kitab Tardzkiyah yang berisi tentang penyembelihan hewan dan hewan apa saja yang halal dimakan yang ke dua kitab Tasrikatal Mukhtaj yang berisi tentang jual beli dan muamalah dan yang ke tiga yaitu kitab Rukhsiah yang berisi tentang Jama’ Qasar. Kitab tarjumah ini merupakan sebuah kitab dengan menggunakan bahasa Jawa pegon yang ditulis dengan menggunakan huruf Arab. Ajaran dalam kitab tarjumah ini merupakan sebuah ajaran yang berlandaskan Al-Qur’an, Hadist, ijma’ dan qiyas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan mata pelajaran muatan lokal kerifaiyahan terhadap penguatan spiritual siswa. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Guru dalam Penerapan Penguatan Spiritual Siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Muhtadin Kayen?, Bagaimana Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Penerapan Muatan Lokal Kerifaiyahan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Muhtadin Kayen?, Bagaimana Peran Muatan Lokal Kerifaiyahan Terhadap Penerapan Penguatan Spiritual Siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Muhtadin Kayen? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data primer yang digunakan yaitu hasil yang diperoleh melalui hasil wawancara dengan beberapa guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Muhtadin Kayen. Serta data sekunder yang berupa buku, jurnal, serta penelitian-penelitian terdahulu. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa yang digunakan yaitu berupa reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dalam pelaksanaan pembelajaran Muatan Lokal Kerifaiyahan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Muhtadin Kayen ada beberapa upaya yang dilakukan oleh guru yaitu dengan cara pembiasaan, latihan membaca, dan hafalan. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Krifaiyahan. Faktor pendukung diantaranya; Adanya dorongan serta dukungan penuh dari Pendidik, Adanya semangat belajar yang muncul dari dalam diri para siswa, adapun factor penghambat diantaranya Sulitnya para siswa dalam memahami kata dalam Muatan Lokal Kerifaiyahan. Selain itu pentingnya muatan lokal kerifaiyahan yaitu untuk terus menjaga dan melestarikan ajaran Syekh Haji Ahmad Rifa’i.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyid, Moh.UNSPECIFIED
Thesis advisorNur, Dany Miftah MUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Mulok Kerifaiyahan, Ajaran Rifa’iyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:07
Last Modified: 26 Sep 2024 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12099

Actions (login required)

View Item View Item