Lestari, Puji (2023) Implementasi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kayen. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (899kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (342kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (372kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (515kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (389kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (518kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (406kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (411kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi munculnya permasalahan yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran terlalu pasif dan banyak siswa yang bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui : 1) penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran ips kelas VII di SMP Negeri 1 Kayen, 2) Untuk mengetahui hasil penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1 Kayen. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, peneliti melakukan kunjungan selama 5x yang pertama yaitu melakukan observasi dan izin, melakukan pengamatan terkait penggunaan media Audiovisual, ikut serta dalam proses pembelajaran menggunakan media Audiovisual yang diikuti oleh 31 siswa kelas VII A, 27 Siswa kelas VII B dan 29 Siswa Kelas VII C, evaluasi dan pengamatan perkembangan setelah pembelajaran. Subyek penelitian ini diantaranya yaitu kepala sekolah, guru IPS, dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayen. Kemudian Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan agar penelitian menjadi lebih sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :Pertama, Penggunaan media Audio visual dalam pembelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 1 Kayen sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dimana didalamnya memuat beberapa tahapan : Tahap persiapan meliputi RPP, Menyiapkan mental peserta didik dengan memberi tahu pada hari sebelumnya, memastikan alat-alat berfungsi dengan normal, materi tersedia dalam bentuk audiovisual, Tahap pelaksanaan meliputi Guru menjelaskan materi dan pemutaran atau penayangan materi dalam bentuk audiovisual, mengkondisikan agar ruang pembelajaran tetap tenang dan peserta didik memperhatikan, Tahap tindak lanjut meliputi peserta didik menceritakan kembali ringkasan materi pembelajaran, Tanya jawab antar peserta didik dan guru untuk mengukur tingkat keberhasilan penggunaan media audiovisual untuk pembelajaran. Kedua, Hasil Penggunaan media Audio visual dalam pembelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 1 Kayen, dilihat dari peserta didik yang mampu mencapai rata-rata KKM dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan, peserta didik lebih aktif Tanya jawab karena rasa penasaran mereka dengan apa yang mereka lihat dari tayangan pembelajaran menggunakan aiudiovisual, dan peserta didik lebih tau dan mengenal teknologi-teknologi modern yang digunakan untuk pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Media Audiovisual, Pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 03:53 | ||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 03:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12118 |
Actions (login required)
View Item |