Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Dalam Menyelesaikan Soal Hots (Higher Order Thingking Skills) Di Mts Nu Hasyim Asy’ari 2 Kudus

Sari, Devita (2023) Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Dalam Menyelesaikan Soal Hots (Higher Order Thingking Skills) Di Mts Nu Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (819kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (440kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (540kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (783kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)

Abstract

Kemendikbud telah mengemukakan bahwa soal matematika yang diberikan kepada peserta didik dalam buku siswa di kurikulum 2013 merupakan soal yang memiliki type HOTS (higher order thingking skills). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hubungan kemampuan verbal terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS. 2) untuk mengetahui hubungan kemampuan verbal terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS. 3) pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik dalam menyelesaikan soal HOTS. Indikator soal pada penelitian ini ialah kemampuan verbal: Memahami arti dari suatu gambar, sinonim, antonim dan definisi. Kemampuan numerik: mampu pengoprasian dan sifat-sifat yang dimiliki, mampu melakukan perhitungan sederhana matematika, memahami hubungan antara angka. Kemampuan HOTS: menganalisis (C4), mengevasluasi (C5) dan mengkreasi (C6). Pupulasi pada penelitian ini adalah kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus dengan menggunakan Teknik simple random sampling dan terpilihlah kelas VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunaklan uji korelasi dan uji regresi. Hasil dari penelitian ini 1) terdapat hubungan antara kemampuan verbal dengan kemampuan menyelesaikan soal HOTS dengan kategori sedang (r=0,416). 2) terdapat hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan menyelesaikan soal HOTS dengan kategori tinggi (r=0,939). 3) terdapat pengaruh antara kemampuan verbal, kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS dengan nilai persamaan Y=-18,181+0,295 X_1+0,939X_2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Soal HOTS (Higher Order Thingking Skills)
Subjects: Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:54
Last Modified: 27 Sep 2024 07:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12135

Actions (login required)

View Item View Item