Nilai-Nilai Penidikan Islam dalam Novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy

Sabila, Farah Rakinati (2023) Nilai-Nilai Penidikan Islam dalam Novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (558kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (558kB)

Abstract

Pendidikan Islam diajarkan pertama kali di lingkungan keluarga. di masa sekarang ini malah banyak yang berbuat menyimpang karena kurang tertanamnya nilai pendidikan pada setiap individu. Nilai merupakan suatu standar yang menjadi rujukan seseorang untuk mempunyai sikap positif yang kuat. Nilai pendidikan Islam itu sendiri mencakup nilai akidah, ibadah, dan akhlak. Subjek penelitian ini adalah novel dwilogi pembangun jiwa yang berjudul Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui biografi Habiburrahman El Shirazy, 2) menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy, 3) mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi kepustakaan (library research) dengan analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi seperti buku, jurnal, dan artikel. Skripsi ini menggunakan teknik analisis data jenis analisis isi yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang dikumpulkan baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara maupun video rekaman. Analisis komponensial juga digunakan untuk mencari elemen yang berbeda berupa relevansi nilai pendidikan Islam dalam novel Habiburrahman El Shirazy terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Habiburrahman El Shirazy lahir pada tanggal 30 september 1967 di Semarang, Jawa Tengah, yang merupakan sastrawan dan cendekiawan Indonesia yang memiliki reputasi internasional. Adapun nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Kembara Rindu yaitu 1) Nilai Akidah yang berupa iman kepada malaikat Izrail yang bertugas sebagai pencabut nyawa, iman kepada Allah dengan menyebut dan meyakini asma Allah Al-Muqtadir memiliki arti Allah Yang Maha Menentukan atau Maha Kuasa, dan iman kepada kitab Allah dengan menghafalkan Al-Qur’an sebagai bentuk meyakini adanya kitab-kitab Allah. 2) Nilai ibadah yang berupa ibadah mahdhah yaitu berdoa; salat fardhu serta salat sunnah yang meliputi salat tahajjud, salat witir dan salat Dhuha; berzikir; wiridan dan beristighfar, dan ibadah ghairu mahdhah yaitu perihal hukum waris. 3) Nilai akhlak yang berupa sabar, jujur, hormat kepada guru atau yang lebih tua, rendah hati atau tawadhu, dan berhusnudzon kepada sesama manusia. Relevansi nilai pendidikan Islam dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu senantiasa bersikap sabar, selalu menghormati guru, mengembara Ilmu dan selalu bersikap jujur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Thesis advisorIsnawati, ZakiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Novel Kembara Rindu
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:04
Last Modified: 27 Sep 2024 08:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12136

Actions (login required)

View Item View Item