Amalia, Endah (2023) Hubungan Disposisi Matematis dan Prokrastinasi Akademik terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (563kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (723kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (537kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (148kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
Abstract
Kemampuan literasi matematis sangat penting bagi siswa karena menekankan kemampuan siswa dalam memahami, menalar, dan mengkomunikasikan pemikiran siswa tentang berbagai permasalahan matematika yang ditemui. Disposisi matematis pada siswa perlu ditingkatkan untuk mendorong kemampuan literasi matematisnya. Selain itu harus juga dibarengi dengan mengurangi kebiasaan prokrastinasi akademik atau menunda mengerjakan tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara disposisi matematis terhadap kemampuan literasi matematis siswa; 2) mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara prokrastinasi akademik terhadap kemampuan literasi matematis siswa; 3) mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara disposisi matematis dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs. Darul Ulum Purwogondo yang berjumlah 8 kelas dengan jumlah keseluruhan 256, kemudian diambil 2 kelas yang berjumlah 64 siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket disposisi matematis dan prokrastinasi akademik serta instrumen tes kemampuan literasi matematis. Dalam penelitian ini terdapat 3 hipotesis yang akan diuji dengan uji korelasi sederhana dan uji korelasi ganda. Hipotesis 1 dan Hipotesis 2 akan diuji menggunakan uji korelasi sederhana, sedangkan hipotesis 3 akan diuji dengan uji korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disposisi matematis terhadap kemampuan literasi matematis siswa sebesar 0,837 dengan persentase 70%. 2) Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara prokrastinasi akademik terhadap kemampuan literasi matematis siswa sebesar 0,852 dengan persentase 72.6%. 3) Terdapat hubungan antara disposisi matematis dan prokrastinasi akademik secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi matematis siswa sebesar 0,874 dengan persentase 76.4%. Sehingga hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai masukan bagi pendidik bahwa jika ingin meningkatkan kemampuan literasi matematis pada siswa maka disposisi matematis siswa harus ditingkatkan terlebih dahulu dan dibarengi dengan mengurangi kebiasaan prokrastinasi akademik pada siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Disposisi Matematis, Prokrastinasi Akademik, Kemampuan Literasi Matematis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Ilmu-Ilmu Murni > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 01:36 | ||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 01:36 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12141 |
Actions (login required)
View Item |