Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Anak Usia Dini di TK Pertiwi Ngembalrejo Kecamatan Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023

Zakya, Laily Roichatuz (2023) Perkembangan Motorik Halus Melalui Finger Painting Anak Usia Dini di TK Pertiwi Ngembalrejo Kecamatan Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (465kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (879kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya perkembangan motorik halus anak di TK Pertiwi Ngembalrejo sehingga penelitian bertujuan untuk mengetahui : 1) Implementasi pembelajaran motorik halus melalui finger painting anak usia dini di TK Pertiwi Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. 2) Faktor pendukung dalam perkembangan motorik halus melalui finger painting anak usia dini di TK Pertiwi Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. 3) Faktor penghambat dalam perkembangan motorik melalui finger painting anak usia dini di TK Pertiwi Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data antara lain : 1) Sumber data primer meliputi kepala sekolah, wali kelas A dan B serta wali murid A dan B. 2) Sumber data sekunder meliputi data arsip atau dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perkembangan motorik halus anak usia dini pada kelas A dan B di TK Pertiwi Ngembalrejo dapat meningkat melalui kegiatan finger painting yang diterapkan oleh guru, meskipun pada kelas A terdapat 1 anak yang perkembangan motorik halusnya stagnan. 2) Faktor pendukung pada kelompok B yaitu adanya bahan finger painting yang memadai dan keterlibatan guru dalam kegiatan finger painting sedangkan untuk kelompok A yaitu anak diberi kata semangat dan dukungan karena anak-anak belajar sesuai mood nya. 3) Faktor Penghambat pada kelompok B yaitu terdapat anak yang jijik karena tidak mau kotor dan terdapat anak yang motorik halusnya masih belum berkembang dengan baik sedangkan untuk kelompok A yaitu mood anak sering berubah ketika pembelajaran dan tedapat anak yang motorik halusnya masih belum berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmadi, AhmadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Finger Painting, Anak Usia Dini
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2024 04:07
Last Modified: 30 Sep 2024 04:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12154

Actions (login required)

View Item View Item