E-Learning Dalam Pembelajaran PAI di MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Amir, Faizal (2023) E-Learning Dalam Pembelajaran PAI di MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (958kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (614kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (809kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (564kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (602kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (450kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di MA NU Raudlatut Tholibin Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan ketika pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yang kurang maksimal dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, mulai dari ketidak siapan pihak sekolah dalam kegiatan pembelajaran secara online atau daring, pendidik yang belum siap dan belum pernah mengajar atau menyampaikan materi pembelajaran secara online atau daring, kondisi handphone peserta didik yang berbeda, mahalnya kuota data internet, cepat dan lambatnya jaringan sinyal internet yang berbeda disetiap tempat, keluhan peserta didik mengenai kondisi mata yang harus melihat handphone atau laptop setiap harinya. Penelitian ini, berjenis penelitian field research atau penelitian lapangan, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan penelitian di MA NU Raudlatut Tholibin, dengan subjek penelitian ada lima informan atau narasumber, yaitu kepala sekolah, tiga pendidik yang mengajar mata pelajaran PAI di MA NU Raudlatut Tholibin, dan satu peserta didik kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan pelaksanaan yang dilakukan oleh pendidik, yang mengajar mata pelajaran PAI di MA NU Raudlatut Tholibin, yaitu dengan Memaksimalkan penggunaan plarform atau media pembelajaran online (Whatapps, Google Classroom, dan zoom), Memanfaatkan teknologi informasi (internet), Materi pembelajaran PAI disampaikan dalam bentuk power point, catatan materi, dan ringkasan materi yang dibuat semenarik mungkin. Share materi, baik sebelum, saat, dan sesudah penyampaian pembelajaran PAI secara daring, dan Pendidik PAI mengawali pembelajaran daring menggunakan zoom dengan menyapa peserta didik, ice breking, dan permainan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPancaningrum, NovitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Online. Pandemi Covid-19. E-learning
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Sep 2024 04:32
Last Modified: 30 Sep 2024 04:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item View Item