Sa'idah, Mar'atus (2023) Internalisasi Sikap Toleransi Beragama Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (569kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (771kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (298kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (591kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk menganalisis bagaimana penanaman sikap toleransi beragama melalui Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMP N 3 Bae. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk sikap toleransi beragama siswa di SMPN 3 Bae. 3) Untuk menjelaskan hasil dari penanaman nilai-nilai toleransi di SMPN 3 Bae. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Sumber data meliputi : 1) Sumber data primer yakni Guru PAI, siswa muslim, dan nonmuslim yang ada di SMP N 3 Bae. 2) Sumber data sekunder yakni dokumen yang mendukung adanya sikap toleransi beragama dan data lain yang mendukung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil analisis data diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut : 1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI di SMP N 3 Bae dalam menanamkan sikap toleransi beragama melalui internalisasi nilai toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, proses diskusi, teladan, dan perayaan Hari Besar Keagamaan. 2) Faktor pendukung terciptanya penanaman sikap toleransi beragama di SMP N 3 Bae meliputi adanya kerjasama antara orang tua dan guru PAI serta kerjasama antara guru PAI dan guru bidang studi lainnya. Namun ada juga faktor penghambatnya meliputi : siswa memiliki tingkat kematangan emosi dan kedewasaan yang berbeda, ketidaksamaan kemampuan dan kecerdasan siswa dalam kelas yang sama, pelajaran agama hanya berlangsung singkat. 3) Hasil dari penanaman sikap toleransi beragama di SMP N 3 Bae meliputi : siswa berbeda agama saling tolong menolong, berteman tanpa membedakan agama, menghormati ibadah agama lain, dan bersikap toleran sesama siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Toleransi Beragama, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 07:50 | ||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 07:50 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12161 |
Actions (login required)
View Item |